Dari 87 Usulan, Baru 21 Daerah yang Layak Mekar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Dari 87 Usulan, Baru 21 Daerah yang Layak Mekar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Membludaknya daerah yang meminta pemekaran harus disikapi secara hati-hati. Sebab, pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah terkait ini. Salah satunya penyelesaian rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentang desain besar penataan daerah (desartada) dan RPP penataan daerah.

“Semua daerah yang diusulkan menjadi DOB (daerah otonom baru) nanti harus merujuk dua RPP itu,” kata Arif. “Kami di komisi II hanya bisa menampung, menerima, dan mendengarkan aspirasi sampai terbentuk RPP itu,” kata Anggota Komisi II DPR, Arif Wibowo dikutip Jawa Pos (Fajar Group), Senin (15/2).

Arif mengatakan, pembentukan DOB nanti harus memprioritaskan daerah perbatasan, wilayah tertinggal, dan kepentingan strategis nasional.

Arif menyampaikan, di antara 87 usulan DOB, setidaknya ada 21 daerah yang sudah memenuhi syarat dan siap untuk dimekarkan. Di antaranya, Kabupaten Bogor Barat dan Kabupaten Sekayam Raya. Dia berharap pembentukan 21 DOB itu tetap merujuk PP lama. Yakni, PP Nomor 78 Tahun 2007. “Tetap lolos sepanjang tidak ada syarat-syarat baru di RPP yang baru,” kata wakil ketua Fraksi PDIP itu.

Pembentukan DOB, tegas Arif, tidak boleh dilandaskan pada aspek politis semata. “Jangan sampai diusulkan hanya karena konflik di dalam pelaksanaan pilkada atau konflik antarelite di daerah sehingga pada akhirnya muncul keinginan membagi kekuasaan,” ujarnya. (far/bay/c11/pri/mam/JPG)

Click to comment
To Top