Indonesia Punya Potensi Penghasil Kakao Terbesar di Dunia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Indonesia Punya Potensi Penghasil Kakao Terbesar di Dunia

FAJAR.CO.ID, MAMUJU – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman didampingi Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh meninjau pengolahan kakao di Unit Pengolahan Hasil (UPH) Kakao Kelompok Tani Tajang Pammase Desa Pammulukang Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Senin (15/2/2016).

Dalam dialog yang dilakukan dengan petani, Menteri Pertànian menyampaikan produksi kakao di Tanah Mandar ini harus terus ditingkatkan. Terkait hal tersebut, Mentan menjanjikan beri bantuan untuk dapat meningkatkan produksi kakao di Sulawesi Barat. Amran berjanji akan memperhatikan kondisi petani, asalkan petani tersebut dapat meningkatkan hasil kerjanya di tengah keterbatasan sarana dan prasarana yang sudah ada.

Amran melalui pemerintah provinsi Sulawesi Barat sudah memberikan sejumlah peralatan teknologi agar kakao setempat dapat diolah menjadi cokelat siap saji.

Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh, menuturkan, peningkatan produksi kakao merupakan program yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Lebih lanjut, Gubernur menyampaikan Desa Pammulukang dengan luas sekitar 1000 ha merupakan desa terluas untuk pertanian kakao di Sulbar dengan total 42ribu jumlah penduduk. Lebih jauh Gubernur meyakini pengadaan pupuk dan obat-obatan akan segera disalurkan ke petani.

Gubernur berjanji akan memenuhi harapan pemerintah pusat. Anwar siap memenuhi target penghasil kakao nomor 1 di dunia pada 2020 mendatang setelah Ghana. Saat ini Indonesia adalah produsen Kakao nomor 3 di dunia setelah pantai gading dan ghana.

Dalam tinjauan kali ini, Mentan juga mengharapkan agar jangan ada perbandingan harga terlalu jauh terkait keuntungan yang diperoleh petani dan pengusaha. Selanjutnya Mentan berpesan program yang dilakukan saat ini berkaitan dengan orientasi hasil. “Apa yang dirasakan petani dan masyarakat adalah yang terpenting,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini yakni Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Propinsi Sulawesi Barat, Kepala Dinas Perkebunan Sulawesi Barat, Sekretaris Daerah dan SKPD terkait. (hrm)

Click to comment
To Top