Nur Alam Persilakan Mendagri Ambil Alih Pelantikan Bupati Konsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Nur Alam Persilakan Mendagri Ambil Alih Pelantikan Bupati Konsel

FAJAR.CO.ID, KENDARI — Gubernur Sultra, H Nur Alam bersikukuh belum dapat mengusulkan pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah Konsel terpilih, Surunuddin Dangga-Arsalim ke Kemendagri. Penyebabnya, ada persaratan administrasi yang belum dipenuhi pasangan itu diantaranya penguduran diri Arsalim sebagai PNS dari BAKN belum ada dan adanya proses hukum yang sedang berlangsung di MA terkait adanya gugatan yang dilayangkan pasangan Endang-Nurfah Thalib dan dikabulkan PT TUN Makassar.

Terkait adanya informasi bisa diusulkan ke Kemandagri sapanjang itu tidak berperkarah di Mahkamah Konstitusi, Nur Alam menegaskan pihaknya tidak mungkin mengusulkan sebelum syarat administrasinya terpenuhi sesuai ketentuan yang berlaku.

“Namun, kalau Kemendagri mau lantik tanpa perlu syarat administrasinya terpenuhi, silahkan saja lantik. Kenapa harus minta gubernur, kan bisa diambil alih langsung oleh Mendagri,” tegas gubernur dengan nada tinggi saat ditanya belasan wartawan yang menemuinya siusai lounching Tim Pengawalan dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) di Rujab gubernur, siang ini (15/2).

Ketua DPW PAN tiga periode ini memastikan hanya akan melantik tiga pasangan bupati dan wakil bupati terpilih pada Rabu, 17 Februari 2016. Mereka adalah Tony Herbinsyah- Andi Merya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Koltim, Amarullah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan (Konkep), dan Abu Hasan-Ramadio sebagai Bupati dan Wakil Bupati Buton Utara. Sementara, Wakatobi dan Konawe Utara baru akan dilakukan bila jabatan kepala daerahnya berakhir, dimana Konawe Utara berakhir April dan Wakatobi yang berkahir Juni 2016. (KP)

Click to comment
To Top