Poligami, Pemicu KK Ganda di Parepare – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Poligami, Pemicu KK Ganda di Parepare

FAJAR.CO.ID, PAREPARE – Pria beristri lebih dari satu paling berpotensi menjadi pelaku kartu keluarga (KK) ganda. Posisinya sebagai kepala keluarga rawan dobel sehingga menyulitkan urusan adiminstrasi.

Kasus itu ditemukan pada sejumlah KK di Parepare. “Ada temuan beberapa KK ganda ketika kami panggil untuk klarifikasi, ternyata kepala keluarganya berpoligami,” ujar Kepala Bidang Data Disdukcapil Parepare, Rasdy Gerri, Senin 15 Februari.

Akibatnya, satu nama suami menjadi kepala keluarga di dua KK berbeda. Hal itu terjadi pada KK manual alias offline. Hal tersebut memicu kekacauan sistem.

Nomor induk KK tersebut bakal tidak bisa terinput. “Kami sampaikan, tidak bisa satu nama kepala rumah tangga, KK ada dua. Sistem online sekarang, pasti nama suaminya terdaftar sebagai kepala kelaurga di istri pertamanya,” katanya.

Selain berpengaruh pada input data, KK ganda juga akan menyulitkan keluarga saat mengurus akta kelahiran. Bahkan Disdukcapil menemukan masalah serupa yang terjadi pada wanita ketahuan memiliki dua suami.

“Kita temukan nama istri yang suaminya ada dua, tapi ini sudah kita selesaikan karena menyangkut rumah tangga orang,” sebutnya. (ris/FAJARONLINE)


 

 

loading...
Click to comment
To Top