25 Ribu Sapi Rembang Dipasok ke Jabodetabek – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

25 Ribu Sapi Rembang Dipasok ke Jabodetabek

FAJAR.CO.ID, REMBANG – Rata-rata sebanyak lebih dari 25 sapi di Kabupaten Rembang selama setahun ini dipasarkan di luar daerah. Daerah yang sering jadi jujukan penjualan adalah Pati, Semarang serta wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan (Dintanhut) Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto menyebutkan, tingginya angka eksodus sapi menuju pasar luar daerah lantaran dari sisi populasi Rembang menempati peringkat empat se-Jateng.

Dari total rata-rata 25 ribu sapi/tahun yang keluar daerah, mayoritas didominasi oleh sapi muda dengan usia antara 5-6 bulan. Penyebabnya, peternak Rembang lebih memilih langsung menjualnya di saat harga bagus dari pada memeliharanya namun menghabiskan pakan yang tidak sedikit.

“Peternak Rembang sudah bisa menganalisa, kapan ternak mereka layak dijual. Mereka lebih memilih menjual saat usia lepas dari induk. Sebab, harga pakan di Rembang juga cukup mahal, sehingga peternak tidak sanggup memelihara lebih dari dua ekor,” terang Iwan. (*/rakyatjateng)

 

Click to comment
To Top