Enggan Lantik Bupati Konsel, Nur Alam: Aturan Harus Dipatuhi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Enggan Lantik Bupati Konsel, Nur Alam: Aturan Harus Dipatuhi

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam tetap enggan untuk melantik pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga – Arsalim. Alasannya masih sama, yakni Arsalim masih terbentur persoalan administrasi ketika mencalonkan diri berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal itu diungkapkan Nur Alam usai melantik tiga bupati dan wakil bupati di Bahteramas Hall, Rabu (17/2). Menurut gubernur dua periode ini, salah satu kewajiban PNS jika ingin ikut berpartisipasi dalam pencalonan kepala daerah harus bisa menunjukkan surat pemberhentian permanen yang menjadi salah satu syarat mutlak.

“Dan sampai saat ini salah satu calon yakni Arsalim tidak memenuhi syarat itu. Jadi jangan ada persepsi bahwa gubernur ingin menghalang-halangi itu, tidak ada sama sekali. Ini semata-mata karena aturan administrasi yang harus dipatuhi,” jelas Nur Alam.

Nur Alam menegaskan tidak dilantiknya Surunuddin – Arsalim bukan berarti dirinya tak paham akan aturan. Justru sebaliknya, aturan terkait dengan persoalan tersebut justru sangat dipahaminya.

“Selama 8 tahun saya sekolah menjadi pejabat. Masalah keuangan, asset, kepegawaian harus dipahami dalam pemerintahan dan yang berkaitan dengan itu. Jadi jangan hanya main teken, main perintah dan lainnya. Itu (pelantikan,red) tidak boleh, karena standar tersebut sudah diatur dalam UU,” pungkasnya. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top