Kopi Hitam atau Campuran, Mana yang Terbaik? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Kopi Hitam atau Campuran, Mana yang Terbaik?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Secangkir kopi di pagi hari terkadang sudah menjadi cara yang ideal bagi banyak orang untuk memulai aktivitas, tidak terkecuali juga Anda. Tidak hanya itu, beberapa orang bahkan dengan terang-terangan mengaku kecanduan akan kopi dan tidak bisa melewatkan untuk meminumnya sehari saja. Kopi adalah minuman yang jika dikonsumsi dengan tepat bisa memberikan berbagai macam manfaat kesehatan yang diperlukan tubuh, seperti mengurangi risiko terjadinya kanker liver dan menambah kekuatan daya ingat.

Pilihan kopi yang sangat beragam membedakannya menjadi dua jenis kopi yang paling banyak diminum, yaitu kopi hitam yang murni dan pekat, serta kopi yang sudah dicampur dengan susu atau krim dan berbagai jenis kopi lainnya yang dibedakan berdasarkan cara pengolahan biji kopinya. Tidak semuanya sehat, tentunya. Menurut laman Meetdoctor.com Anda bisa mengoptimalkan kebiasaan minum kopi agar lebih sehat dengan berbagai opsi berikut:

 Kopi hitam untuk membantu Anda menurunkan berat badan

Jika salah satu masalah kesehatan yang ingin Anda atasi adalah masalah kelebihan berat badan, maka meminum kopi hitam bisa menjadi solusi yang tepat karena kadar kalorinya yang jauh lebih rendah daripada kopi campuran susu dan gula. Secangkir kopi hitam hanya memiliki 4.7 kalori, dibandingkan dengan kopi yang memakai gula dan susu yang mencapai 56.6 kalori.

 Minum kopi bercampur gula dan susu di malam hari

Kopi hitam akan membantu Anda memiliki energi penuh untuk memulai hari ketika di minum di pagi hari karena absennya krim maupun susu yang bisa memperlambat efek “membangunkan” yang dibawa oleh kopi murni. Namun, kopi murni sebaiknya tidak diminum setelah lewat senja karena efeknya yang bisa membuat Anda tetap terjaga hingga tengah malam, dan akan mengganggu ritme circadian Anda karena tidak tidur.

Jika Anda ingin menikmati kopi di malam hari, tambahkan 50 kalori dalam bentuk krim dan gula untuk menghalangi kerja kopi hitam yang membuat Anda terjaga dan penuh energi. Jika Anda sudah memiliki masalah gangguan tidur, hindari mengonsumsi kopi sama sekali selepas petang.

 Kopi bercampur susu dan gula jika terdapat kondisi acidity

Hindari konsumsi kopi hitam murni jika Anda memiliki isu kesehatan yang disebut acidity, di mana pH dalam tubuh Anda berada dalam jumlah yang tinggi. Jika Anda harus meminum kopi, cobalah tambahkan gula dan krim serta banyak air agar konsentrasi asam dalam urin tidak terlalu banyak. Setelahnya, banyak-banyaklah pula mengonsumsi air dan makanan seperti mentimun untuk menetralisir efek asam dari kopi. (flo/jpnn).

Click to comment
To Top