Nur Alam Resmi Lantik Tiga Bupati – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Nur Alam Resmi Lantik Tiga Bupati

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam akhirnya melantik tiga dari tujuh Bupati dan Wakil Bupati hasil Pilkada Serentak tanggal 9 Desember 2015 silam. Tiga bupati lainnya akan dilantik secara bertahap pada akhir Maret dan Juni mendatang sesuai jadwal yang diagendakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).  Sementara satu bupati enggan dilantik oleh Nur Alam karena masih menyisahkan masalah administrasi.

Tiga bupati dan wakil bupati yang dilantik yakni, pasangan bupati dan wakil bupati Buton Utara, Abu Hasan – Ramadio, bupati dan wakil Kolaka Timur, Tony Herbiansyah – Andi Merya Nur dan bupati dan wakil bupati Konawe Kepulauan, Amarullah – Andi Muh Lutfi. Pelantikan tersebut digelar di Bahteramas Hall Kantor Gubernur Sultra yang berkapasitas 1000 undangan, Rabu (17/2).

Dalam sambutannya, Nur Alam yang berpasangan dengan Saleh Lasata selama dua periode mengaku telah berhasil dalam mengkader putra-putri terbaik di Sultra untuk menjadi kepala daerah. Sedikitnya sudah 28 orang yang lahir dari tangan dingin Nur Alam yang menjadi pimpinan di kabupaten dan kota di Sultra.

“Saudara Amrullah dan Abu Hasan dua contoh kader daerah yang terpilih atas kehendak masyarakat. Inilah hakekat dari otonomi daerah yang memberikan kesempatan kepada orang-orang lokal untuk bisa mengakses diri dalam berbagai peluang, kesempatan, kapasitas dan jabatan yang disiapkan oleh negara dalam konteks semangat otonomi,” kata Nur Alam.

“Tapi, bukan berarti orang lain tidak memiliki kesempatan. Selam didukung pasti akan bisa, karena kita diikat dengan Bhineka Tunggal Ika,” sambungnya.

Kepada ketiga bupati dan wakil bupati yang dilantik, Nur Alam menegaskan untuk menjalankan program-program serta janji-janji politik yang telah dijanjikan saat kampanye. Namun, yang ditekankan oleh Nur Alam adalah memprioritaskan program pemberdayaan sumberdaya manusia. “Jangan ditahan-tahan anggaran untuk sekolahkan sumberdaya kita, karena kedepan itu sangat berguna,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut pula, Nur Alam mewanti-wanti kepada ketiga bupati agar bisa menjadi seorang pemimpin yang amanah dan penuh tanggung jawab. Selain itu juga, setiap pemimpin jangan bersikap otoriter dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Saya hanya ingin bilang, jangan babat habis saudaramu, tapi lebih professional dalam mengangkat dan menetapkan siapa saja pejabat yang akan membantu dalam menjalankan birokrasi,” tandasnya. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top