Ternyata, Inilah Empat Burung Kicau Paling Diminati di Luar Negeri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Ternyata, Inilah Empat Burung Kicau Paling Diminati di Luar Negeri

BEGITU banyak puluhan burung kicau di dunia. Namun ternyata hanya ada beberapa burung saja yang paling diminati oleh masyarakat luar negeri.

Hal ini terlihat di google trending, di mana kata kunci yang paling banyak dicari meliputi empat burung, khususnya yang melakukan pencarian dengan bahasa Inggris. Ini menunjukkan bahwa empat burung ini paling dicari.

Empat burung ini memang memiliki suara kicau yang indah, masing-masing memiliki keunggulan. Empat burung yang paling dicari itu adalah:

1. Murai Batu atau Kucica Hutan

Burung ini memiliki pencarian terbanyak di laman google. Burung murai batu memiliki suara kicauan yang bagus sehingga mendapat penghargaan terbaik atas nyanyian nya yang sangat indah pada tahun 1947 (The Best Song Birds – Delacour, 1947).

Dalam laman Wikipedia Bahasa Indonesia disebutkan bawah, habitat asli Kucica Hutan atau sering di sebut Burung murai batu cenderung memilih hutan alam yang rapat atau hutan sekunder.

Murai batu merupakan kelompok burung yang dikenal sebagai teritorial dan sangat kuat dalam mempertahankan wilayahnya (Thruses).

Untuk daerah Sumatra khususnya, banyak sekali di temukan burung jenis murai batu, seperti burung murai batu aceh, burung murai batu medan , burung murai nias dan murai batu lampung.

Penyebaran burung Murai Batu di Pulau Jawa sangat terbatas dan hanya ditemukan di beberapa tempat yang berhutan.

 

2. Burung Cucak Rowo, atau Straw Headed Bulbul

Straw Headed Bulbul, itulah nama yang disebutkan oleh orang barat atau masyarakat dunia terhadap burung Cucak Rawa (disebut juga Cucak Rowo).

Burung ini berada pada peringkat kedua burung yang paling dicari di luar negeri. Cucak Rowo memiliki suara yang lembut.

Lama Wikipedia bahasa Indonesia menyebutkan, cucak rawa adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Burung ini juga dikenal umum sebagai cucakrawa, cangkurawah (Sunda), dan barau-barau (Melayu). Dalam bahasa Inggris disebut Straw-headed Bulbul, mengacu pada warna kepalanya yang kuning-jerami pucat. Nama ilmiahnya adalah Pycnonotus zeylanicus (Gmelin, 1789).

Cucak rawa biasa ditemukan di paya-paya dan rawa-rawa di sekitar sungai, atau di tepi hutan. Sering bersembunyi di balik dedaunan dan hanya terdengar suaranya yang khas.

Suara lebih berat dan lebih keras umumnya cucak dan merbah. Siulan jernih, jelas, berirama baku yang merdu. Kerap kali terdengar bersahut-sahutan.

Di alam, burung ini memangsa aneka serangga, siput air, dan berbagai buah-buahan yang lunak seperti buah jenis-jenis beringin.

Burung Cucak Rawa menyebar di dataran rendah dan perbukitan di Semenanjung Malaya, Sumatra (termasuk Nias), Kalimantan, dan Jawa bagian barat. Di Jawa Barat terdapat sampai ketinggian 800 m dpl., namun kini dianggap punah karena perburuan.

 

3. Burung Kenari atau Canary

Burung Kenari berada dalam posisi ketiga burung yang paling dicari oleh masyarakat dunia. Dalam berbagai literature disebutkan bahwa burung kenari pertama ditemukan oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout, di Kepulauan Canary di Sapnyol pada abad ke-15.

Burung ini memiliki suara yang indah dengan bulu yang menyejukkan pandangan mata. Burung Kenari memiliki banyak warna, ada merah, kuning, orange, dan lainnya. Nama kepulauan Canary kemudian menjadi nama burung ini, dan dikenal sampai sekarang.

 

4. Love Bird atau Burung Cinta

Love Bird, burung yang satu ini memang sangat terkenal. Para kicau mania, baik di dalam negeri maupun luar negeri tidak asing lagi dengan burung ini. Lover Bird berasal dari Afrika, dan Madagaskan.

Dinamakan lover bird, disebabkan oleh karakter khusus yang melekat padanya. Yaitu, apabila burung ini saling berdekatan antara satu dengan yang lain, maka mereka saling menyayangi, dan bersentuhan dengan lembut. Karakter ini jarang dimiliki burung lain.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top