CERDAS, Usir Parasit dari Sarangnya, Burung Ini Manfaatkan Puntung Rokok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

CERDAS, Usir Parasit dari Sarangnya, Burung Ini Manfaatkan Puntung Rokok

FAJAR.CO.ID, –  MUNGKIN  saja  Burung ini yang paling pintar diantara burung sejagad, Lihat saja, bekas puntung rokok dimanfaatkan burung ini untuk melindungi sarangnya dari parasit.

Padahal sarang burung umumnya menggunakan tumbuh-tumbuhan kecil yang telah kering untuk sarang dan tempat bertelur.

Menurut salah satu team ahli ekologi, fenomena menarik ini, telah terjadi pada sejumlah burung kota, dengan berbagai variasi dan adaptasi. Sejauh ini, burung hanya menggunakan tumbuhan yang kaya senyawa untuk mengusir parasit.

Seperti dilanisr dari Nature.com, kandungan kimiawi yang terdapat dalam daun tembakau, diketahui dapat menangkis artopoda, seperti parasit. Hal ini membuat para ahli dari Autonomous University, di Mexiko, bertanya-tanya apakah burung-burung tersebut mengetahuinya atau tidak.

Monserrat Suarez-Rodriguez dan kawan-kawannya dari Universitas Universitas Auotonomos, akhirnya melakukan penilitian yang cukup intens terhadap kejadian ini. Sebagaimana hasil studi yang dipublikasikan dalam Biologi Letter, mereka menguji salah satu komponet yang terdapat dalam puntung rokok di sarang. Hasilnya, mereka melihat beberapa parasit.

Untuk diketahui, kejadian unik tersebut  hanya untuk burung yang tinggal diperkotaan, seperti burung merpati dan burung pipit yang paling banyak ditemui disudut kota Edmonton di Kanada. (Iman/fajar.co.id)

Click to comment
To Top