Dua Terdakwa SPP PNPM Maros Dituntut Dua Tahun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Dua Terdakwa SPP PNPM Maros Dituntut Dua Tahun

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Dua terdakwa kasus dugaan korupsi dana simpan pinjam khusus perempuan (SPP) program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Mandiri Kecamatan Tompobulu Maros, Irwan Rapi dan Nurhaedah dituntut masing-masing dua tahun penjara.

Keduanya msing-masing sebagai fasilitator kecamatan dan pengelola kelompok usaha perempuan. “Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan hukuman pidana dua tahun penjara dikurangi masa penahanan, perintah ditahan, denda Rp50 juta dan subsider empat bulan kurungan,” ujar jaksa.

Tuntutan keduanya lebih ringan dibaing terdakwa lain, Muh Yunus dengan alasan tidak menikmati uang atau dana PNPM tersebut. Hanya saja Irwan selaku fasilitator kecamatan dinilai tidak menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik.

Sekadar diketahui pada 2010 sampai 2013 para terdakwa diduga telah bekerja sama menyelewengkan uang bantuan bergulir dari Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Kabupaten Maros. Yunus selaku Ketua UPK mengarahkan Nurhaedah untuk membentuk kelompok usaha perempuan.

Namun setelah ditelusuri, kelompok yang dibentuk Nurhaedah ternyata fiktif. Yunus dan Irwan selaku fasilitator dinilai telah menyalahgunakan wewenangnya karena tidak melakukan tugasnya untuk memverifikasi keabsahan kelompok usaha yang telah dibentuk. Berdasarkan hasil audit Inspektorat Kabupaten Maros negara merugi Rp1,8 miliar. (arini/FAJARONLINE)

loading...
Click to comment
To Top