Hasil Survei Buktikan Gay Paling Banyak Tertular AIDS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Hasil Survei Buktikan Gay Paling Banyak Tertular AIDS

FAJAR.CO.ID, MEDAN – Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Sumut melakukan Survei Cepat Perilaku (SCP) terhadap komunitas LGBT (lesbian, gay, bisexsual, transgender) di Medan tahun 2014. Survey lanjutan dilakukan 2015 khusus terhadap 240 Lelaki Suka Lelaki (LSL).

Proyek Manager Global Fund Andi Ilham Lubis mengatakan, dari hasil survei resiko HIV/Aids yang dilakukan itu kepada 1.680 LGBT khususnya LSL naik 4 persen dan waria di atas 20 persen.

“Hasil survei dari 1.680 populasinya LGBT, khusus LSL (dari 240 orang) ada 4 persen yang positif HIV, atau 70 sampai 80 orang dan untuk WPS (Waria Pekerja Seks) dari 900 populasinya yang positif HIV ada 20 persen atau sekitar 180 orang,” ujarnya di Medan, kemarin seperti diberitakan Sumut Pos (Jawa Pos Group).

Jadi, harapnya, pendekatan pencegahan dan “pengobatan” tidak hanya dari sisi kesehatan dan perilaku tetapi juga penting adanya pendekatan lini psikologi seperti perlunya psikiater atau kejiwaan.

“Selain itu, kerja sama lintas sektor yang difasilitasi KPA Sumut seperti di Medan dan Deli Serdang yang jumlah penduduknya banyak,” tuturnya. (ris/azw/sam/jpnn)

 

 

Click to comment
To Top