HEndi-Ita Geber Bang Semarang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

HEndi-Ita Geber Bang Semarang

FAJAR.CO.ID, SEMARANG, RAJA – Pasangan Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita) yang baru saja dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang diarak naik becak hias menuju balai kota.

Iringi-iringan sepeda motor, becak, dan sepeda onthel mendampingi becak hias yang dinaiki Hendi-Ita menuju Tugu Muda, Semarang, Rabu, sebelum berganti menaiki sepeda onthel menuju Balai Kota Semarang.

Ratusan siswa terlihat menunggu di titik-titik yang dilalui arak-arakan, mulai Jalan Pandanaran hingga Jalan Pemuda untuk menyambut pasangan yang diusung PDI Perjuangan, Nasdem, dan Demokrat itu.

Sepanjang rute arak-arakan, Hendi-Ita tak hentinya mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat yang sudah cukup lama menunggu di pinggir jalan, dan banyak juga yang ingin bersalaman dengan keduanya.

Beberapa pengendara yang melewati rute arak-arakan juga terlihat berhenti sejenak untuk menyaksikan momentum langka itu, termasuk mengabadikan gambar dengan latar belakang konvoi becak hias Hendi-Ita.

Di Balai Kota Semarang, ribuan masyarakat sudah menunggu sembari menikmati berbagai hidangan yang disediakan dalam pesta rakyat untuk menyambut atas dilantiknya Hendi-Ita sebagai wali kota dan wakil wali kota setempat.

Pada kesempatan yang sama, Hendi juga langsung meluncurkan program Geber Bang Semarang (Gerakan Bersama Membangun Semarang) sebagai bentuk keterbukaan pemerintah menyikapi permasalahan masyarakat.

Dalam program Geber Semarang yang merupakan aplikasi yang bisa diakses lewat telepon pintar (smartphone), ada beberapa aplikasi khusus, seperti permasalahan infrastruktur, serta perempuan dan anak.

“Kami mulai dengan sebuah komitmen keterbukaan. Dulu, waktu saya berkampanye bersama Mbak Ita terus turun ke masyarakat. Sekarang kami ‘launching’ portal ini (Geber Bang Semarang, red.),” kata Hendi.

Selama enam bulan, Kota Semarang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto, yang kemrain akhirnya menyerahkan dokumen pelaksanaan kegiatan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang kepada Wali Kota Hendrar Prihadi di ruang Lokakrida, Balai Kota Semarang, Rabu (17/2) sore. Proses serah terima jabatan berlangsung khidmat dengan diikuti ratusan undangan hingga membuat ruangan penuh sesak.

Tavip mengaku senang diberi kepercayaan menjadi Pj Wali Kota Semarang dalam kurun waktu kurang lebih setengah tahun tersebut. Dia merasakan kebersamaan dari seluruh pejabat Pemkot Semarang dan masyarakat yang kooperatif selama memimpin.

“Tiada gading yang tak retak. Kami tentu meminta maaf jika terdapat kesalahan dalam memimpin. Besok saya sudah harus kembali bekerja di Bapermas Provinsi sesuai surat tugas dari Gubernur Ganjar,” kata Tavip.

Sementara Hendrar Prihadi yang baru saja menjadi Walikota Semarang memberikan penghormatan kepada Tavip atas kinerjanya yang membuat pembangunan Kota Semarang tetap berlanjut.

“Mas Tavip ini mampu membuat Kota Semarang tidak berhenti begitu saja. Dia mampu menjalankan pemerintahan dengan sangat baik hingga dilantiknya Wali Kota yang baru. Saya berterimakasih dan izin bergabung kembali di jajaran Muspida, Pejabat Pemkot dan DPRD Kota Semarang,” ujar Hendi, panggilan akrab Hendrar Prihadi.

Pasangan Hendi-Ita merupakan salah satu di antara 17 kepala daerah di Jawa Tengah yang dilantik secara serentak oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Rabu.

Sebanyak 17 daerah yang kepala daerahnya dilantik di Simpang Lima, yakni Kota Surakarta, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, Kabupaten Wonosobo.

Selain itu, Kota Semarang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Semarang, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Kendal, Kota Pekalongan, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, dan Kota Magelang. (*/irf/rakyatjateng)

 

 

 

To Top