Ketua MPR: Memakmurkan Raykat adalah Tugas Bersama – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ketua MPR: Memakmurkan Raykat adalah Tugas Bersama

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Zulkifli Hasan membuka secara resmi Ekspose 8 Tahun Nusa Membangun Sulawesi Tenggara (Sultra) bertempat di Hotel Grand Clarion, Kendari, Kamis (18/2).

Dalam pidatonya, Zulkifli Hasan meminta perhatian kepada seluruh gubernur, bupati/walikota serta anggota DPR untuk betul-betul menyikapi kondisi bangsa Indonesia yang saat ini telah masuk dalam kategori lampu merah.

Mengutip tulisan yang diterbitkan salah satu harian nasional menyebutkan bahwa kesenjangan antara kaya dan miskin saat ini sudah masuk dalam level menghawatirkan. “Gini rasio (ukuran kemerataan) kita sudah mencapai angka 0,47. Ini sudah sunggu menghawatirkan,” paparnya.

Kesenjangan yang sangat jauh itu, lanjutnya memang tidak didapat didaerah-daerah pedesaatn. Hanya saja, jika diteliti lebih dalam lagi, di desa memang tidak ada kesenjangan yang dikarenakan penduduknya sama-sama miskin. “Jadi tidak ada beda antara kaya dan miskin di desa-desa,” tambahnya.

Olehnya itu, dirinya berharap kepada gubernur, bupati, walikota, DPR/DPRD untuk terus berjuang membangun bangsa, meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kesenjangan sesuai dengan UUD tahun 1945.

“Sesuai dengan UUD NRI 1945 tugas kita adalah memakmurkan seluruh rakyat Indonesia, bukan memakmurkan sebagian rakyat Indonesia,” tegasnya. Selain itu, Ketua Umum DPP PAN itu juga mengingatkan bahwa persaudaraan kebangsaan mulai pudar. Untuk itu, dia berharap agar terus menggalakkan pembangunan wawasan kebangsaan. “Hal ini bukan hanya tugas MPR, melainkan tugas semua pihak,” tandasnya. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top