PM Turki Tuding Kelompok YPG Dibalik Pemboman di Ankara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

PM Turki Tuding Kelompok YPG Dibalik Pemboman di Ankara

FAJAR.CO.ID, ANKARA – Pelaku peledakan bom di Ankara, Rabu (17/2) diungkap oleh Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu. Dia adalah Salih Necar berkewarganegaraan Suriah yang menjadi anggota Unit Perlindungan Kurdi Suriah yang merupakan Kelompok Militan Kurdi di Suriah (YPG).

Dia menyebutkan, dari 28 korban tewas dalam peristiwa itu, 26 orang di antaranya adalah prajurit militer Turki. “Hubungan langsung antara serangan YPG sudah ditemukan,” ungkap Davutoglu.

Seperti dilansir BBC, Kamis (18/2), Davutoglu menyebutkan, sembilan orang yang ditangkap menyusul serangan itu adalah anggota Kelompok Pekerja Kurdistan (PKK), yang merupakan kelompok terlarang di Turki. Dia juga meyakini, aksi teror yang dilakukan YPG itu didukung dengan pasokan logistik dari militan PKK yang berada di dalam wilayah Turki.

Menanggapi tudingan itu, pihak YPG membantah terlibat dalam serangan tersebut. Sementara, PKK mengaku tak mengetahui aksi tersebut.

Sebelumnya, Turki menetapkan YPG sebagai kelompok teroris. Namun Amerika Serikat, mendukung YPG dalam pertarungan melawan kelompok militan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).  Menurut Davutolgu, serangan bom di Ankara menjadi bukti bahwa YPG adalah kelompok teroris.

Pasukan Turki beberapa waktu belakangan ini meningkatkan serangan terhadap milisi Kurdi di Suriah, yang dianggap memiliki hubungan dengan PKK.

To Top