Selasa, Mendagri Direncanakan Lantik Bupati Konsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Selasa, Mendagri Direncanakan Lantik Bupati Konsel

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Surunuddin Dangga – Arsalim akhirnya bisa bernapas lega. Pasalnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah mengeluarkan jadwal rencana pelantikan kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2015 pada 9 Desember silam.

Rencana jadwal pelantikan Surunuddin Dangga – Arsalim tersebut langsung disampaikan oleh Tjahjo Kumolo dalam agenda kerjanya beberapa hari kedepan. Dari rencana jadwal tersebut, pelantikan Surunuddin Dangga – Arsalim akan digelar di Jakarta dan dilantik langsung oleh Tjahjo Kumolo.

“Selasa 23 Februari 2016 pukul 14.00 – 16.00 WIB rencana pelantikan Bupati Konawe Selatan di Kemendagri,” jelas Tjahjo Kumolo.

[baca juga: Nur Alam Tak Diundang, Mendagri: Tidak Mau Melantik, Buat Apa Diundang]

Seperti diketahui, persoalan penundaan pelantikan pasangan Surunuddin Dangga – Arsalim menjadi perhatian khusus Kemendagri. Pasalnya, Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam tetap bersikeras untuk tidak melakuan pelantikan dengan alasan wakil Bupati terpilih Arsalim masih berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat maju dalam Pilkada Konsel.

Sementara Arsalim menyatakan telah mengajukan pengunduran diri. Hanya saja tak juga diberhentikan oleh Nur Alam. Olehnya itu, pelantikannya akan ditarik ke pusat dan dilakukan oleh Mendagri.

Sebelumnya, Dirjen Otda Kemendagri, Soni Sumarsono mengatakan, dalam kasus seperti ini harus dibedakan proses hukum seseorang yang dianggap tidak memiliki syarat administrasi dokumen pengunduran diri, dengan orang yang sama sekali tidak berniat mengundurkan diri. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top