Meski Terancam Longsor Warga Tidak Khawatir – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Meski Terancam Longsor Warga Tidak Khawatir

FAJAR.CO.ID, KUDUS – Meski sebanyak 250 Kepala Keluarga (KK) di Dukuh Semliro Desa Rahtawu Kecamatan Gebog, kondisinya terancam longsor. Karena memang karena demografi wilayah tersebut yang rawan akan longsor saat musim penghujan.

Namun, warga tersebut menganggap itu adalah hal biasa. Mereka tidak merasa khawatir. Bahkan saat hujan deras sekalipun bila belum adanya tanda-tanda akan longsor, mereka merasa tidak khawatir.

“Jarak lokasi rawan longsor dari balai desa sekitar 3,5 km. Meski wilayah tersebut rawan longsor. Warga tetap menganggap biasa-biasa saja,” kata Kepala Desa Rahtawu, Sugiyono, Kamis (18/2).

Lebih lanjut, Sugiyono menjelaskan karena masyarakatnya itu merasa sudah turun temurun tinggal ditempat tersebut. Bahkan mereka lebih mempercayai adanya mitos, bila akan ada longsor biasanya akan ada salah satu warga yang kesurupan.

“Biasanya warga yang kesurupan akan mengingatkan agar pemilik rumah yang akan diterjang longsor untuk tidak menempati rumahnya. Dan hal itu dipercaya turun temurun hingga kini,” tandasnya.

Anehnya, entah karena faktor kebetulan atau karena memang mitos itu benar menurut mereka, hingga kini memang belum pernah ada wrga yang tewas karena tertimpa longsor.

Namun apaupun itu, warga yang tinggal dilokasi rawan longsor memang harus selalu waspada  disaat musin hujan. Terlebih dari keterangan BMKG, bahwa pengaruh El Nina yang membawa sifat basah akan terus berlangsung hingga bulan Mei mendatang. (nr/rakyatjateng)

 

 

 

loading...
Click to comment
To Top