Nyeri Payudara Belum Tentu Kanker – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Nyeri Payudara Belum Tentu Kanker

FAJAR.CO.ID – Wanita jaman sekarang dibayang-bayangi penyakit kanker dan tumor payudara. Memang penyakit satu ini merupakan momok mengerikan bagi wanita dengan gaya hidup modern dan rentan stress seperti sekarang. Seringkali wanita tidak sempat melakukan olahraga dan mencicipi kuliner nikmat namun belum tentu sehat.

Salah satu gejala awal kanker payudara adalah nyeri pada payudara. Namun tidak semua nyeri pada payudara adalah gejala kanker. Berikut ini beberapa jenis nyeri di payudara yang perlu anda ketahui.

1. Kanker

Kita mulai dari gejala nyeri yang paling di takuti oleh wanita. Nyeri pada payudara mungkin di sebabkan oleh kanker memang perlu di waspadai. Untuk itu kita harus menyadari perubahan, benjolan atau perubahan warna yang terasa janggal pada payudara kita. Bila terdapat benjolan segera konsultasikan kepada dokter untuk memastikan apakah itu nyeri tanda awal kanker atau nyeri yang disebabkan oleh hal lainnya.

2. Kista

Kista adalah salah satu penyebab nyeri di payudara. Biasanya setelah penanganan dokter akan diatasi dengan operasi kecil. Kista bisa juga muncul karena perubahan hormon dari remaja menuju dewasa. Namun, tidak semua mengalaminya.

3. PMS

Nyeri di payudara saat PM terjadi karena pengaruh hormon estrogen dan progesteron yang mengalami naik turun sebelum, selama dan juga setelah menstruasi. Kondisi berbeda pada masing masing wanita.  Bila anda merasa nyeri di payudara namun tidak terdapat benjolan, coba periksa siklus menstruasi anda mungkin sudah masuk masa PMS.

4. Hamil

Wanita hamil juga bisa mengalami nyeri di payudara. Tidak jauh beda dengan PMS hal ini juga disebabkan oleh perubahan hormonal.

5. Pubertas

Jika saat remaja payudara mengalami nyeri, bisa anda sedang dalam masa pubertas. Uniknya, nyeri payudara ini tidak hanya akan dialami oleh anak gadis loh. Anak remaja pria juga bisa mengalami hal yang sama pada masa pertumbuhnannya.

Intinya adalah jangan langsung panik jika terjadi nyeri pada payudara anda. Lakukan cek payudara secara berkala baik pengecekan sendiri maupun pengecekan dengan dokter. (hrm/rls)

loading...
Click to comment
To Top