Revisi UU KPK Dilakukan, Agus Raharjo Siap Mundur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Revisi UU KPK Dilakukan, Agus Raharjo Siap Mundur

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi pernyataan sang ketua, Agus Rahardjo yang menyatakan siap mundur apabila UU Nomor 30 Tahun 2002 direvisi. Pernyataan Agus tersebut dinilai sebagai wujuh keseriusan sebuah komitmen memberantas korupsi di Indonesia.

“Pernyataan Pak Agus bahwa beliau akan mundur jika RUU yang melemahkan KPK itu jadi disahkan adalah sebuah kesungguhan dan ajakan kepada pihak-pihak yang menyatakan sikap serius untuk memberantas korupsi,” kata Kabag Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha melalui pesan singkat, Senin (22/2).

Priharsa menuturkan, pernyataan mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah itu sekaligus sebagai ajakan bagi siapa pun untuk menunjukkan sikap konkret dalam upaya pemberantasan korupsi. Sebab, dari draf revisi UU KPK yang saat ini ada, jelas isinya justru melemahkan lembaga tersebut.

“Saat ini dibutuhkan lebih dari sekadar komitmen dalam bentuk kata-kata jika memang bangsa ini sungguh-sungguh bertekad memberantas korupsi,” ujarnya.

Ketua KPK Agus Rahardjo memang menyatakan siap untuk mundur dari jabatannya apabila revisi undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 terealisasi. Pernyataan itu menyusul keinginan menggebu pemerintah dan DPR untuk merevisi UU KPK dengan dalih penguatan. Padahal, substansi dari draf yang telah ada saat ini cenderung bertolak belakang.

“Saya pribadi bersedia mengundurkan diri kalau revisi ini tetap dilakukan. Saya yang pertama akan mengundurkan diri,” kata Agus dalam diskusi antar tokoh lintas agama di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Minggu (21/2) kemarin.

Sejumlah pihak pun menyatakan dukungannya terhadap KPK untuk menolak revisi undang-undang yang diinisiasi DPR itu. Mulai dari masyarakat sipil antikorupsi, para akademisi, hingga tokoh agama dan masyarakat.

Tak hanya pernyataan serta petisi, mereka berkomitmen mengerahkan massa ke gedung DPR dan Istana Kepresidenan untuk menagih janji Presiden Joko Widodo memperkuat pemerintahan yang bersih dari korupsi, serta menolak revisi UU KPK. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top