Apple Tolak Permintaan FBI untuk Mengakses Sistem Keamanan Ponselnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Apple Tolak Permintaan FBI untuk Mengakses Sistem Keamanan Ponselnya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Permintaan FBI kepada Apple untuk membuka akses sistem keamanan perangkat ponsel iPhone demi menyelidiki kasus terorisme banyak ditolak, tak hanya oleh Apple sendiri, tapi perusahaan raksasa digital lain.

CEO Google beberapa waktu lalu menegaskan kalau membuka akses kepada FBI sama saja dengan memberi kesempatan untuk memberi kemudahan seluas-luasnya bagi sistem.

Kemudian CEO Facebook Mark Zuckerberg juga melakukan hal yang sama mendukung Apple untuk tidak memberikan akses itu kepada FBI.

Kami percaya pada enkripsi, kami pikir bahwa itu sangat penting,” kata Zuckerberg saat berada di panggung Mobile World Congress (MWC) 2016, Barcelona, Spanyol.

Namun berbeda halnya dengan pendiri Microsoft, Bill Gates. Ia justru menyarankan agar Apple tidak terlalu khawatir jika memberikan akses kepada FBI karen demi kepentingan tertentu saja.

“Ini adalah kasus spesifik di mana pemerintah meminta akses ke sebuah informasi. Mereka tak meminta sesuatu yang umum, mereka meminta (informasi) untuk sebuah kasus khusus,” ujar salah satu miliarder dunia itu.

Mulanya ‘perang’ antara Apple dan FBI ini berawal dari seorang hakim meminta perusahaan yang dikomandoi Tim Cook itu untuk membuka kunci ponsel yang digunakan oleh salah satu tersangka penembakan di San Bernandino.

Namun Apple menolak permintaan tersebut, di mana CEO Apple Tim Cook menyebut perintah tersebut akan mengancam keamanan dari pengguna produk Apple.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top