Besok, MK Putuskan PHP Kada Muna – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Besok, MK Putuskan PHP Kada Muna

FAJAR.CO.ID, KENDARI — Sidang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (PHPKada) Muna dijadwalkan, Kamis (25/2). Salah seorang komisioner KPUD Muna Sulaiman Loga mengaku pihaknya telah mempersiapkan seluruh kemungkinan putusan MK yang akan digelar besok.

“Keputusan terburuk pun kami telah siap menjalaninya. Putusan MK itu merupakan keputusan final dan bersifat mengikat. Untuk itu kami siap melaksanakannyaa,” ungkap Sulaiman Loga, saat dihubungi KendariPos.co.id (Fajar Group), Selasa (23/2/2016).

Bagaimana bila MK memutuskan PSU? “Persiapan khusus untuk menghadapi sidang putusan itu tidak ada. Seandainya yang diputuskan adalah PSU, kami siap melaksanakan karena dalam PKPU 10 dan pasal 69 UU nomor 8, KPU tinggal menentukan tahapan ulang dan tidak ada lagi proses kampanye,” jelas Sulaiman.

Sulaiman juga menjelaskan soal badan adhoc tidak ada pengangkatan lagi semua langsung persiapan hari H (pemilihan ulang di TPS yang ditunjuk oleh MK, red). “Kalau soal surat suara juga sudah tidak ada masalah lagi. Kita akan gunakan sisa surat suara yang sebelumnya karena sisa surat suara sebelumnnya itu masih banyak tinggal disortir kembali saja,” jelas Sulaiman.

Sulaiman juga membeberkan bahwa tidak hanya sisa surat suara saja, jumlah surat suara cadangan juga masih banyak dan cukup untuk melaksanakan pemilihan suara ulang (PSU). “Pada dasarnya kami siap. Apapun putusannya mau ditolak atau diterima tuntutannya, kami siap menjalani. Pada sidang putusan itu juga, semua komisioner KPU Muna akan hadir berlima,” katanya.

Sementara itu, pihak pemohon Rusman Emba mengaku optimis akan menang pada sidang putusan yang akan digelar oleh MK pada Kamis (25/2) besok. “Semua kesaksian yang kami hadirkan sangat kuat dan membuat kami yakin bahwa kebenaran ada di tangan kita,” katanya.

Untuk diketahui, sampai hari ini, Rabu (24/2/2016), sudah ada 6 sidang PHP-Kada yang telah diputus oleh MK dari 8 gugatan. Untuk putusan 16 Februari 2016 MK telah memutuskan 3 perkara yakni PHP-Kada Fakfak, Bangka Barat dan Solok Selatan, semua ditolak.

Sedangkan untuk putusan tanggal 22 Februari MK juga memutuskan 3 perkara yakni, PHP-Kada Kuantan Sengingi juga ditolak. PHP-Kada Membramo Raya, MK memutuskan untuk mengeluarkan putusan menerima salah satu gugatan pemohon dengan memerintahkan KPUD Memberamo Raya untuk melakukan pemungutan suara ulang. Begitu juga terhadap perkara yang ketiga yakni PHP-Kada Halmahera Selatan, MK memutuskan dengan amar putusan sela atau menerima sebagian tuntutan pemohon. (yog)

Click to comment
To Top