Ini Lima Gejala Kerusakan Ginjal yang Tidak Boleh Anda Abaikan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Ini Lima Gejala Kerusakan Ginjal yang Tidak Boleh Anda Abaikan

FAJAR.CO.ID, – Jika sebuah organ tubuh yang penting mengalami masalah, maka otomatis anda akan merasakan beberapa gangguan kesehatan.

Misalnya, jika anda memiliki gangguan ginjal, maka besar kemungkinan anda akan merasakan gangguan kesehatan atau gejala gangguan pada anggota tubuh yang lain. Lalu apakah anda sudah mengetahui beberapa gejala yang disebabkan kerusakan ginjal?

Seperti dilansir dari laman Mylifestyle.com, berikut ini gejala gangguan ginjal yang tidak boleh anda remehkan :

  1. Merasa perih pada punggung paling bawah

Ketika mengalami gangguan ginjal, maka hal umum yang paling dirasakan pada seorang penderita adalah rasa perih pada punggung paling bawah. Namun setelah beberapa periode, rasa perih akan terasa pada dua sisi. Apalagi ketika anda hanya tidur pada satu sisi tubuh, khususnya sisi tempat banyak jaringan ginjal di situ. Rasa perih juga akan terasa ketika anda bangun dari tidur. Jika alami ini, jangan diabaikan sebab gejala tersebut adalah awal-awal gangguan ginjal.

  1. Bintil merah pada kulit, gatal-gatal,dan kering pada kulit.

Gejala ini disebabkan karena terkumpulnya pembuangan dalam darah ketika ginjal tidak lagi mampu membuang pembuangan tersebut dari aliran darah. Jika temukan kondisi ini, maka anda harus erius mengatasinya. Ingat, memakai pelembab kulit bukan solusi baik.

  1. Fungsi kemih berubah

Ketika ginjal tidak bisa membuat urin, maka pola kantong kemih akan berubah. Kemungkina yang bakalan terjadi adalah ;

  1. Urin berbusa atau bergelembung
  2. Rasa kencing tiap malam bertambah
  3. Urin warna memucat ketika kencing berlebihan atau sering
  4. Urin gelap ketika kencing kurang atau lebih
  5. Merasa kesulitan ketika kencing atau merasa ada tekanan
  6. Adanya darah dalam urin
  7. Pembengkakan pada bagian tubuh yang berbeda

Ginjal adalah bagian tubuh yang membuang sisa atau cairan ekstra dari tubuh. Kelebihan cairan akan terkumpul jika ginjal gagal membuangnya. Maka akan berakibat pada pembengkakan di wajah, kaki, tangan, tumit dan kaki.

  1. Kelelahan dan cepat lemah

Ketika mengalami kondisi-kondisi di atas, sebaiknya segeralah ke dokter. Sementara untuk meningkatkan kinerja ginjal agar sehat, mulailah dengan pola hidup sehat. Berhenti merokok dan menghindari produk yang mengandung cadmium.

loading...
Click to comment
To Top