Inilah Kota yang Menjadi Pusat Perdagangan Batu Akik di Asia Tenggara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Inilah Kota yang Menjadi Pusat Perdagangan Batu Akik di Asia Tenggara

FAJAR.CO.ID, – Banyak orang yang mengunjungi toko Thailan untuk mencari dan melihat semarak batu akik di Bangkok. Namun hanya beberapa saja yang memiliki kesempatan untuk melihat dari mana para penjual itu menemukan stok akik mereka.

Para penjual batu akik tersebut diketahui memperoleh persedian stok akik mereka, dari Chantaburi. Meski merupakan sebuah kota kecil dengan jumlah populasi sekira 50,000, Chantaburi termasuk salah satu pusat perdagangan batu akik di Asia Tenggara. Kota akik ini adalah penyupali batu rubi dan safir.

Seperti dilansir dari Gemselect.com, Cahntaburi sangat terkenal dengan kedua jenis tambang tersebut, rubi dan safir. Bisnis tambang di sana mencapai puncaknya pada tahun 1960 hingga 70 an. Permintaan akan batu akik asal Thailan, memang saat itu sangat tinggi, hingga para penambang local bekerja dengan sangat keras.

Meskipun sekarang para penambang di Cahnataburi di sana sudah tak semarak dahulu dan cenderung ‘mati’, perusahan-perusahan akik masih terus mengembangkan tehnik mereka.

Chanatburi sendiri adalah industry tambang yang besar. Meski teradapat beberapa perusahan besar yang cukup beroprasi di sana, namun kebanyakan para penambang adalah penambang keluarga. Selain itu, mereka juga cukup terampil dalam bekerja.

Pasar Chantaburi, oleh masyarakat Thailand lebih dikenal dengan Talad Ploy.

loading...
Click to comment
To Top