PHP Kada Muna, MK Putuskan PSU di Tiga TPS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

PHP Kada Muna, MK Putuskan PSU di Tiga TPS

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) baru saja menggelar sidang putusan sengketa perselisihan hasil pemilihan kepala daerah (PHP Kada) Kabupaten Muna. Dalam amar putusannya, MK memerintahkan KPUD Muna untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga TPS yang dianggap bermasalah.

Tiga TPS yang dimaksud adalah TPS 4 Kelurahan Raha 1, Kecamatan Katobu, TPS 4 Kelurahan Wamponiki, Kecamatan Katobu dan TPS 1 Desa Marobo, Kecamatan Marobo. Ketiga TPS tersebut menurut MK terbukti terdapat kecurangan diantaranya pencoblosan ganda atau lebih dari satu kali berdasarkan keterangan dari saksi-saksi pihak pemohon dalam hal ini pasangan Rusman Emba – Malik Ditu.

“Dalil pemohon terkait dengan pencoblosan lebih dari satu kali dapat diterima,” kata Arief Hidayat membacakan amar putusan yang juga memutuskan bahwa eksepsi dari pihak terkait dalam hal ini pasangan Baharuddin – La Pili tidak berdasar dan tidak dapat diterima.

Selain itu, MK juga menolak eksepsi pihak terkait yang tertuang dalam hal pokok perkara dengan membatalkan Surat Keputusan KPUD Muna tentang penetapan rekapitulasi penghitungan perolehan suara dan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati Muna sepanjang mengenai perolehan suara masing-masing calon.

“Memerintahkan kepada KPUD Muna untuk melaksanakan pemilihan suara ulang di 3 TPS paling lama 30 hari kerja setelah dipacakan keputusan ini,” lanjut Arief.

MK juga memerintahkan untuk melakukan supervise denga KPUD Sultra, KPUD Muna serta Badan Pengawas Pemilu dalam rangka menyelenggarakan amar putusan MK. “Memerintahkan kepada KPUD Sultra, KPUD Muna serta Bawaslu Sultra dan Panwaslu Muna untuk melaporkan secara tertulis kepada MK paling lambat 7 hari kerja setelah pelaksanaan rekapitulasi PSU,” pungkasnya.

“Mahkamah juga memerintahkan kepada Polda Sultra, Polres Muna untuk melakukan pengamanan proses PSU sampai pada laporan kepada MK,” tutupnya. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top