Wow! Kampus Ini Dapat Rp2 M Dari Kemenristekdikti – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Wow! Kampus Ini Dapat Rp2 M Dari Kemenristekdikti

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Pendanaan dari Kemristekdikti turut menentukan keikutsertaan tim PKM kampus tersebut dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas).

Olehkarenanya Setiap tahun, perguruan tinggi se-Tanah Air giat mengirimkan ribuan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kepada Kemristekdikti. Harapan mereka, banyak di antara proposal tersebut didanai sehingga risetnya pun bisa dijalankan.

Tahun ini, PKM terbanyak yang dibiayai Kemristekdikti diberikan pada Universitas Gadjah Mada (UGM). Tercatat 285 proposal telah mendapatkan hibah PKM tersebut.

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Ahmad Agus Setiawan, ST, MSc, PhD menyampaikan, kampusnya mengirimkan 1.209 proposal namun yang lolos pendanaan hanya 285 judul. Ratusan proposal yang mendapat dana hibah penelitian tersebut mencakup lima bidang, yaitu 50 PKM Kewirausahaan, 154 PKM Penelitian, 12 PKM Teknologi, 45 PKM Karsa Cipta, dan 24 PKM Pengabdian Masyarakat.

“Setiap PKM, kata Agus, mendapatkan dana Rp7,5 juta. Dengan demikian total dana hibah yang diterima UGM sekira Rp2 miliar,” ujar Agus, seperti dikutip dari laman UGM, Kamis (25/2/2016).
Agus menjelaskan, pelaksanaan lima bidang PKM yang mendapat dana dari Kemristekdikti ini terus dikawal PKM Center UGM. Para mahasiswa akan didampingi para alumni PKM/PIMNAS serta dibina oleh dosen pembina kreativitas mahasiswa UGM dan dosen pembimbing PKM demi mencapai hasil maksimal.

Kemristekdikti sendiri menerima 56 ribu proposal PKM tahun ini dan hanya mendanai 4.700 di antaranya. Nantinya, tim pengaju proposal tersebut akan bersaing dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29 di Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Ke depan, persaingan menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional di IPB lebih berat lagi sehingga harus terus semangat,” imbuh Agus.
Beberapa kampus yang juga mendapatkan dana hibah dari Kemristekdikti di antaraya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan 271 PKM, Universitas Brawijaya (UB) dengan 264 PKM, Universitas Diponegoro (Undip) dengan 229 PKM dan IPB dengan 205 PKM.

Direktur Kemahasiswaan UGM, Drs Senawi MP menambahkan jika UGM terus berusaha untuk bisa meningkatkan kualitas mereka. “Semoga tahun ini bisa meloloskan banyak tim PKM ke Pimnas,” tambahnya. (Sikah/pj1)


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top