Kabupaten Bulungan Target Semua Puskesmas Terkareditasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Kabupaten Bulungan Target Semua Puskesmas Terkareditasi

FAJAR.CO.ID, BULUNGAN – Semua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang berada di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara ditarget dapat terakreditasi semuanya. Hal tersebut agar pelayanan kesehatan dapat berjalan maksimal.

Pada 2016 ini, agreditasi mulai dilakukan secara bertahap. Jumlah yang diusulkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan sebanyak 6 Puskesmas.

Kepala Dinkes Bulungan Aryani Arsyad menyebutkan, 6 puskesmas tersebut di antaranya Puskesmas Tanjung Selor, Bumi Rahayu, Bunyu, Tanjung Palas Utara, Salimbatu, dan Antutan.

“Kita mau usulkan 6 puskesmas akreditasi,” ujar Aryani Arsyad kepada Radar Kaltara (Jawa Pos Group).

Pihaknya akan melatih dengan pendamping dari provinsi. Setelah itu akhir tahun nanti baru dilakukan penilaian. Meski baru 6 puskesmas yang akan diajukan, ke depannya semua puskesmas di Bulungan akan dilakukan akreditasi.

Untuk itu para tenaga medis yang ada di setiap Puskesmas di kabupaten Bulungan dituntut memberikan kinerja yang baik. “Mereka harus bersaing, berusaha untuk meningkatkan pelayanan dan mutunya,” tutur alumnus kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Dia menjelaskan, agreditas ini diharapkan mambu meningkatkan pelayanan. Seperti kualitas semakin bagus, waktu tunggu berkurang, cakupannya juga lebih tinggi.

“Dan yang lebih penting keluhan masyarakat akan berkurang dan puskesmas itu melaksanakan kegiatan sesuai dengan SOP,” bebernya.

Dia yakin bahwa semua puskesmas yang diajukan tersebut bisa terakreditasi, sehingga beberapa persyaratan juga musti terpenuhi seperti gedung, peralatan medis, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Prosedur Tetap (Protap).

“Kita sedang membangun, karena kalau gedung itu hampir semuanya tidak memenuhi syarat, untuk itu kalaupun nanti terakreditasi hanya Pratama. Ini sambil kita benahi sesuai dengan peraturan pemerintah,” tuntas Aryani. (fit/keg/yuz/JPG)

loading...
Click to comment
To Top