Puan akan Kaji Larangan ‘Ngondek’ di Televisi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Puan akan Kaji Larangan ‘Ngondek’ di Televisi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani berjanji mengkaji surat edaran yang dikeluarkan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tentang larangan tayangan “pria yang kewanitaan” alias ngondek di televisi.

Hal itu disampaikan Puan saat memberikan pidato ilmiah dalam wisuda Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kemarin. Seperti diketahui, KPI telah merilis surat edaran bernomor K/KPI/02/16 yang mengatur secara terperinci larangan munculnya pria yang kewanitaan dalam siaran televisi. Ada sejumlah poin muatan yang dilarang muncul. Di antaranya, penampilan pria dengan gaya pakaian kewanitaan.

Juga bahasa tubuh dan gaya bicara kewanitaan. Tayangan televisi juga dilarang menampilkan muatan pembenaran dan promosi seorang pria untuk berperilaku kewanitaan, sapaan terhadap pria dengan sebutan yang diperuntukkan perempuan, serta istilah dan ungkapan khas yang sering digunakan oleh kalangan pria yang kewanitaan. “Apakah semua itu harus diatur sedemikian rigid?” tanya Puan.

Surat edaran tersebut dianggap membatasi kreasi oleh komunitas seniman dan budayawan di Malang. Selain itu, mengancam keberlangsungan sejarah dan budaya lokal.

Dwi Cahyono, ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Timur, mengatakan, kesenian tradisional ludruk punya ciri khas denganseluruh pemain pria berdandan menjadi perempuan. Lengkap mulai baju yang digunakan, cara bertingkah, hingga cara berbicara. “Saya tidak setuju edaran itu. Tradisi tersebut bagian dari kekayaan budaya kita,” kata Dwi.(ika/lid/c11/sof)

Click to comment
To Top