Warga Senang Dibantu Air Bersih oleh TMP – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Warga Senang Dibantu Air Bersih oleh TMP

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Warga Kampung Jungkur, Desa Kutalanggeng, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat sangat sulit mendapatkan air jernih dan bersih. Selama ini, untuk mendapatkan air jernih, mereka mengandalkan hujan. Dan hujan tentu saja tak selamanya ada.

Karena itu, pejabat dan warga desa tersebut sangat senang sekali ketika ada bantuan air jernih dan bersih dari DPP Taruna Merah Putih (TMP), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Peduli dan Humanitarian Forum Indonesia (HFI). Bantuan ini disambut dengan luapan kebahagian oleh warga. Pasalnya bantuan ini memecahkan persoalan yang dialami warga selama ini yang sangat kesulitan memperoleh air kebersih dan sehat.

Ati (38), warga dusun Jungur menyatakan bahwa bantuan yang telah dilakukan oleh TMP dan HIPMI peduli sangat membantu. “Saya sangat berterimakasih. Karena selama ini warga di sini sangat kesulitan mendapatkan air bersih,” katanya di Karawang (Sabtu, 27/2).

Selama ini, ia bercerita untuk mendapatkan air bersih, ia harus berjalan selama satu jam. Kalau musim kemarau, ia dan warga lain harus berjalan sejauh 2 Km dengan menanjak dan menurun, dan dengan menggedong air. “Ini sangat berat,” tuturnya.

Hal yang senada juga disampaikan oleh Raskim (50), ia mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya atas bantuan ini. Ia merasa gembira dan syukur atas  bantuan ini. “Karena  air sangat penting bagi kehidupan kita semua,” ujarnya.

Ia pun ia merasa salut dan kagum atas keseriusan dan kesungguhan yang telah dilakukan oleh TMP dan Hipmi sehingga pemberian bantuan ini bisa terrealisasi. “Saya kagum atas keseriusan mereka. Tak mengenal lelah dan selalu  memantau untuk kegiatan ini,” katanya.

Bantuan ini juga diapresisi Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Totok Suripto. Totok mengatakan bahwa bantuan ini merupakan bukti bentuk kepedulian  TMP dan HIPMI kepada masyarakat. “Kita hadir di tengah masyarakat bukan jika ada maunya saja. Tapi kita ingin selalu hadir untuk meringankan beban masyarakat,” katanya.

Sedangkan ketua  DPC PDIP  Karawang, Karda Wiranata menyatakan bahwa TMP yang diketuai oleh Maruarar Sirait sangat peduli kepada masyarakat. Sebagai bukti di tengah- tengah kesibukannya sebagai anggota DPR RI, Maruarar masih menyempatkan hadir memberikan bantuan.

“Saya salut kepada dia. Ia mau langsung turun ke rakyat. Ia ketemu rakyat bukan karena ada kepentingan politik. Tapi ia selalu berbuat untuk rakyat,” ujarnya.

Bantuan ini juga diapresisi oleh pemerintah Desa. Sekretaris Desa Kutalanggeng, Yayat. Sebagai rasa terimakasih atas bantuan dan bakti sosial ini, ia mengimbau warga untuk mampu menjaga fasilitas. “Saya meminta warga harus menjaganya. Ini sangat berharga. Dan bantuan ini sangat dibutuhkan oleh kami,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Kecamatan Tegalwaru, Udin. Ia mengungkap rasa terimasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kepudilian yang telah dilakulan oleh TMP dan HIMPI yang telah memfasilitasi kebutuhan masyarakat.

“Ini merupakan anugrah, karena air sangat  bermanfaat bagi  kita. Dan yang telah  diberikan harus dimanfaatkan bagi kita semua,” katanya.

Ketua Umum TMP, Maruarar Sirait, yang ikut hadir, mengatakan bahwa hidup itu sekali, maka harus bermanfaat bagi sesama. Hidup yang bermakna juga adalah hidup yang bisa membantu dan membahagiakan orang lain. “Apabila kita ingin bahagia maka buatlah orang lain bahagia.  Hidup ini harus berguna bagi masyarakat, bukan berguna bagi diri sendiri,” kata Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP), Maruarar Sirait.

Selain memberi bantuan air bersih, ungkap Maruarar, TMP juga akan memberikan bantuan perlengkapan sepak bola dan memberikan kesempatan kepada anak muda di desa tersebut untuk sekolah bola.

“Saya juga akan memberi bantuan agar anak” muda di sini bisa bermain bola. Jika ada yang memenuhi syarat silahkan sekolah bola gratis,” kata Maruarar, yang kini memiliki sekolah sepakbola di Jakarta, sebab mau mengubah nasib masyarakat menjadi lebih baik dengan berolahraga.

Terkait dengan kegiatan ini Maruarar juga menegaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat harus dilakukan terus menerus. Mendengar aspirasi rakyat serta menyapa warga harus dilakukan meski bukan di musim kampanye. “Kita sapa dan bantu rakyat bukan karena ada kepentingan politik saja,” tegas Maruarar. (hrm)

Click to comment
To Top