Mau Menikmati Gerhana Matahari Total, Wajib Baca Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Mau Menikmati Gerhana Matahari Total, Wajib Baca Ini

Gerhana matahari total adalah fenomena alam yang sangat langka yang tidak lama lagi dapat kita nikmati. Dikarenakan Indonesia merupakan satu-satunya negara dengan daratan yang nanti dapat melihat dan menyaksikan fenomena yang hanya terjadi setiap 350 tahun ini.

Tidak heran banyak orang yang kini bersiap untuk menyambut datangnya gerhana matahari total yang akan terlihat pada tanggal 9 Maret 2016. Perkiraan gerhana matahari ini akan terjadi sekitar 1,5 hingga 3 menit. Tapi tahukah anda, bahwa menyaksikan langsung gerhana matahari total dengan mata tanpa perlindungan apa-apa bisa berbahaya bagi mata. Berikut beberapa cara aman untuk menikmati gerhana matahari total.

  1. 1.       Jangan menggunakan kacamata hitam

Banyak orang yang merasa untuk menyaksikan gerhana matahari total cukup menggunakan kacamata hitam agar mata tidak mengalami kerusakan setelah menyaksikan fenomena tersebut. Padahal sebenarnya kacamata jenis sunglasses ini pun, tidak ada yang benar-benar kuat untuk melindungi mata kita dari efek cahaya yang terpancar dari gerhana matahari tersebut. Dianjurkan untuk menggunakan teleskop atau teropong dengan filter matahari.

  1. 2.       Gunakan filter matahari

Jika anda tetap ingin menyaksikan fenomena alam yang hanya terjadi 350 tahun sekali ini. Anda wajib memiliki teropong atau teleskop dengan filter matahari. Hal ini sangat penting karena meski memungkinkan bagi mata kita untuk melihat langsung gerhana matahari dengan mata tapi selalu ada kemungkinan terjadinya kerusakan daya penglihatan.

  1. 3.       Buat proyektor lubang jarum

Proyektor lubang jarum untuk melihat gerhana matahari bisa dibuat sendiri dengan alat-alat yang mudah digunakan dan cara yang sederhana. Siapkan kertas karton yang besar, potong berntuk persegi sisi 5cm pada bagian tengahnya. Tutupi lubang persegi tersebut dengan kertas timah, lalu tusuk sebuah lubang kecil di tengah tutup kertas timah ini.  Tahap selanjutnya adalah pada saat terjadinya gerhana matahari, untuk melihatnya carilah tempat dengan permukaan yang halus. Berdirilah dengan posisi punggung mengarah matahari. Tahan karton beberapa beberapa centimeter di atas tanah. Pastikan bayangan kepala anda tidak menghalangi.

Saat gerhana matahari total matahari akan tampak seperti cincin emas yang ada dilangit. Tertarik menikmatinya, pastikan anda sudah melakukan tiga hal penting di atas. [ats]

loading...
Click to comment
To Top