Baca Disini, Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Bayi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Baca Disini, Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Bayi

 

Mempunyai bayi yang sudah mulai memasuki fase makanan pendamping ASI, berarti orangtua harus mulai memperhatikan apa saja yang dikonsumsi bayinya. Bayi memiliki perut yang masih kecil dan belum terlalu kuat. Setiap makanan yang masuk ke perutnya harus diatur dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dalam menyiapkan dan mengatur makanan bayi, antara lain usia si kecil, cara mengolah makanan, dan kandungan gizinya. Yang juga harus diingat adalah selalu perhatikan higienitas makanan tersebut.

Higienitas bisa didapat sejak memilih bahan makanan si kecil. Akan lebih baik jika memasak sendiri menu yang Anda sajikan untuknya. Bahan baku makanan bayi yang sehat biasanya terdiri dari beras, ayam, daging, sayuran, dan ikan. Masak dengan cara dan rasa terbaik agar anak menyukainya. Saat memasak, pastikan makanan matang sempurna agar segala kuman dan bakteri bisa mati. Namun juga jangan menggunakan api terlalu besar dan waktu terlalu lama karena makanan bisa menjadi lembek dan hilang nutrisinya.

Jangan pernah menambahkan bumbu penyedap atau MSG. Bahan ini bisa menimbulkan kerusakan fungsi otak. Setelah matang, biarkan panas makanan hilang lalu cicipi terlebih dahulu. Pastikan makanan yang masuk nyaman ditelan oleh bayi, jangan telalu keras atau terlalu panas.

Untuk alasan praktis biasanya beberapa orangtua memilih makanan bayi instan, selalu periksa kemasan dan tanggal kadaluarsanya. Jangan memilih produk dengan kemasan rusak dan mendekati tanggal kadaluarsa. Menyimpan makan bayi pun harus di tempat yang bersih dan jauh dari bahan lain dengan bau yang menyengat.

Untuk lebih memastikan lagi coba pelajari kandungan gizi makanan yang terkandung didalam makanan bayi instan, sesuaikan dengan kebutuhan nutrisi bayi. Hindari memilih makanan bayi yang mengandung banyak perasa buatan. Sedangkan untuk bahan makanan alami yang dimasak sendiri, kandungan gizinya bisa diketahui dan ukur sesuai dengan kebutuhan bayi. Dengan gizi seimbang, tumbuh kembang anak Anda pun bisa maksimal.[ats]

To Top