Divonis 4 Tahun Penjara, 1 Hakim Anggap Perbuatan Ilham Arief Bukan Pidana Korupsi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Divonis 4 Tahun Penjara, 1 Hakim Anggap Perbuatan Ilham Arief Bukan Pidana Korupsi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Majelis hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat menjatuhkan vonis 4 tahun penjara kepada mantan Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin dalam perkara korupsi kerjasama pengelolaan dan transfer instalasi perusahaan daerah air minum (PDAM) Makassar tahun 2007-2013, Senin (29/2/2016).

Mantan Walikota Ilham juga didenda sebesar Rp100 juta subsider 1 bulan kurungan. Dia juga diharuskan membayar denda sebesar Rp150 juta subsider 1 tahun kurungan.

 Melissa Christianes, salah satu kuasa hukum Ilham mengatakan, satu hakim Tipikor dalam perkara Ilham, Sofialdi memiliki pendapat berbeda (dissenting opinion) dalam memandang perkara Ilham Arief Sirajuddin.

Dalam pandangan Sofialdi, perkara mantan Walikota Makassar, Ilham seharusnya tidak masuk dalam hukum acara pidana. Melainkan dapat diselesaikan lewat acara perdata. Sebab tidak ada penyalahgunaan wewenang yang dilanggar oleh Ilham dalam kerjasama dengan PT Traya.

“Dia (Sofialdi) berpendapat bahwa perkara ini tidak masuk ranah pidana. Tapi bisa diselesaikan dalam ranah perdata, semua kerjasama tidak ada pelanggaran dan bisa diselesaikan antara PT Traya denga Ilham,” kata Melissa Christianes, Senin (29/2/2016).

Melissa Christianes menjelaskan alasan lain yang dikemukakan hakim Sofialdi yakni pengeluaran izin prinsip oleh mantan Walikota Makassar, Ilham sudah sesuai dengan prosedur dengan prosedur perundang-undangan.

“Jadi dia minta agar kasus ini masuk dalam ranah perdata,” kata Melissa Christianes

Melissa Christianes juga mengatakan pihaknya akan mendiskusikan putusan majelis hakim Tipikor Jakarta Pusat bersama Ilham Arief Sirajuddin untuk memutuskan langkah banding atau menerima putusan tersebut. (muh fadly/pojoksulsel)

loading...
Click to comment
To Top