Telah Terungkap!! Inilah Penyakit Yang Mungkin Diderita Oleh Itachi Uchiha – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Telah Terungkap!! Inilah Penyakit Yang Mungkin Diderita Oleh Itachi Uchiha

Mungkin karena dalam manga/anime Naruto sendiri tidak pernah disebutkan secara eksplisit apa nama penyakitnya, mungkin sebagian dari kamu mungkin ada yang penasaran mengenai penyakit yang diderita Itachi ini. Meski seorang ninja yang kuat, Itachi juga tidak luput dari penyakit. Penyakit yang diderita Itachi sendiri baru diperlihatkan ketika pertarungannya dengan Sasuke. apa nama penyakitnya? Berikut ini adalah penjelasan/diagnose dari penyakit yang diderita Itachi.

Salah satu gejala yang paling terlihat dalam penyakit yang diderita Itachi ini adalah hemoptysis batuk darah. Hemoptysis secara umum disebabkan oleh pendarahan yang terjadi pada alveolus. Gejala ini merupakan gejala klasik yang ditimbulkan oleh MPA pada paru-paru. Biasanya, hemoptysis juga diikuti dengan sesak nafas dan batuk tiada henti.

Penyakit-yang-diderita-Itachi-batuk-darah

Nama penyakit yang diderita Itachi adalah Microscopic Polyangiitis (MPA)MPA adalah sebuah penyakit yang menyerang pembuluh darah. MPA merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan peradangan dan pendarahan pada pembuluh darah karena serangan dari antibody tubuh sendiri lebih tepatnya Antineutrophil Cytoplasmic Antibody/ANCA. MPA sendiri menyerang berbagai macam organ dan menyebar dalam tubuh penderita.

Gejala lain juga bisa dilihat saat Itachi bertarung dengan Sasuke. Saat itu, Itachi mencengkram dadanya, bereaksi seakan-akan dia terkena penyakit jantung. Rasa sakit pada dada yang terlihat seperti Myocardinal Infarciton dalam bahasa Indonesia: serangan jantung adalah sebuah efek yang sangat biasa terjadi pada penderita MPA.

Penyakit-yang-diderita-Itachi-alveolus

 

[NEXT-FAJAR]

Bukan merupakan rahasia lagi bahwa ketika mendekati kematiannya, mata Itachi hampir buta sepenuhnya. Hal ini tentu saja dikarenakan penggunaan Mangekyou Sharingan. Saat Mangekyou Sharingan digunakan, jutsu ini akan menyebabkan beban yang sangat berat di syaraf dan pembuluh darah pada mata penggunanya. Mata pun meradang. Tetapi bukan berarti bahwa masalah mata Itachi ini hanya disebabkan oleh Mangekyou Sharingan.

Penyakit MPA yang menyerang mata memang jarang, tetapi kasus seperti ini juga pernah terjadi biasanya dalam bentuk pendarahan dan peradangan pada pembuluh darah mata. Mata Itachi yang merah dan berdarah-darah saat pertarungannya melawan Sasuke memperlihatkan gejala ini.

Penyakit-yang-diderita-Itachi-serangan-jantung-313x420

Stamina Itachi yang rendah seperti yang tertulis dalam databook mengindikasikan gejala dari rasa sakit dan lelah yang dia terima. Pernahkah kalian berpikir mengapa Itachi suka menggantungkan lengan kanannya di bajunya? Hal ini mungkin adalah sebuah usaha Itachi untuk mengurangi rasa sakit yang dia rasakan pada otot-ototnya. Tubuh kurusnya juga mungkin dikarenakan dirinya kehilangan berat badan. Semua gejala tersebut adalah gejala dari MPA.

Dalam salah satu panel, Tobi (Obito) menjelaskan kepada Sasuke bahwa Itachi meminum segala macam obat untuk tetap bertahan hidup. Obat-obatan ini sendiri bisa saja semacam kombinasi dari beberapa macam steroid dan juga obat untuk menekan sistem kekebalan tubuh. Karena untuk menangani MPA, sistem imum tubuh pun harus ditekan. Mengingat banyaknya penderita MPA yang meninggal, dan kurang dari 25% penderita bertahan hidup hingga lima tahun, maka apa yang Tobi katakana bahwa Itachi mengambil obat-obatan untuk bertahan hidup bukanlah suatu kebohongan.

Penyakit-yang-diderita-Itachi-obat-696x324

MPA sendiri kebanyakan menjangkit seseorang pada usia lima puluh tahunan. Meskipun begitu, kasus penderita seusia Itachi juga banyak dilaporkan dalam sejarah medis. Penyebab dari MPA sendiri sampai saat ini masih tidak diketahui. Penyakit autoimun ini sendiri bukanlah penyakit genetis/keturunan (salah satu alasan kenapa Sasuke juga tidak terjangkit MPA).

Meskipun begitu, teori mengatakan bahwa harus ada kejadian yang menyebabkan timbulnya MPA. Dalam kasus Itachi sendiri, kemungkinan besar adalah penggunaan Mangekyou Sharingan yang berlebihan sehingga menyebabkan peradangan dalam tubuh dan mengakibatkan tubuh untuk memproduksi antibodi secara berlebihan. Mungkin, jika Itachi memiliki Eternal Mangekyou Sharingan, dia tidak akan sampai terkena penyakit ini.

 

Sumber : warkopanime.com

 

loading...
Click to comment
To Top