Daerah Ini Lebih Cepat Berlakukan KEK Pariwisata – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Daerah Ini Lebih Cepat Berlakukan KEK Pariwisata

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Usulan Tanjung Kelayang dan Juru Seberang Belitung sebagai KEK – Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata berjalan mulus. Setelah proses administrasi di level Bupati Belitung dan Gubernur Babel berjalan cepat, proses di Kemenko Perekonomian pun berlangsung lancar.

“Semua pihak, semua stakeholder sepakat dan menyetujui KEK baru di Belitung,” sebut Hiramsyah Sambudhy Thaib, Ketua Tim Pokja Top-10 Destinasi, Kemenpar di Jakarta.

Hari ini, kata Hiram, proses sidang berlangsung di Kemenko Perekonomian. Menkeu Bambang Brodjonegoro, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Mendag Thomas Lembong dan Kepala BKPM Franky Sibarani menyetujui usulan itu. Semua persyaratan administratif yang dikawal Kemenpar sudah lengkap, dan tinggal menunggu persetujuan Presiden Jokowi.

Menko Darmin Nasution menyatakan Belitung sudah sangat siap dan layak untuk mendapatkan status KEK Pariwisata.

“Lokasinya strategis hanya 45 menit terbang dari Jakarta maupun Singapura dengan daya tarik wisata alam (eco-tourism) dan budayanya. Semua persyaratan telah dipenuhi, pengusul adalah konsorsium swasta Dharmawangsa Group dan mendapatkan dukungan sepenuhnya dari pemkab dan pemprov. Tanah sudah berstatus HGB dan siap dikembangkan,” ujar Menko Darmin.

Menurut Darmin, pemerintah akan dukungan sepenuhnya dalam melengkapi infrastruktur (airport dan terutama listrik). “Tanjung Kelayang Belitung merupakan 1 dari 10 destinasi prioritas pariwisata yang telah ditetapkan Kemenpar. Berpotensi untuk menjadi destinasi utama pariwisata Indonesia menyumbangkan 1 juta wisman,” jelasnya.

“Kami berharap tanggal 9 Maret 2016 sudah bisa diumumkan di Belitung, saat Pak Presiden Jokowi berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi saat GMT,” harap Menpar Arief Yahya.

To Top