Jumlah Tenaga Kerja Asing Meningkat 69,3 Persen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Jumlah Tenaga Kerja Asing Meningkat 69,3 Persen

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia meningkat 69,3 persen. Ketua Komisi VIII DPR Saleh P Daulay menuturkan, dampak pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), melonjaknya jumlah TKA yang mencari hidup di Indonesia.

Dia menyebutkan, laporan Badan Pusat Statistik (BPS) hingga akhir Februari 2016, sedikitnya ada 25.328 TKA masuk ke Indonesia. Jumlah itu naik drastis 69,3 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kondisi ini menurutnya awal dari dampak MEA dimana tenaga-tenaga kerja Indonesia kalah bersaing dengan tenaga kerja asing.

”Ini bisa berdampak tidak baik dalam kehidupan sosial. Semakin banyak WNA yang bekerja di Indonesia yang kalah dengan TKA dan akan semakin banyak pengangguran di Indonesia,” ujar Saleh P Daulay dilansir Indopos (Fajar Group), Rabu (2/3).

Saleh berpendapat fenomena kehadiran TKA harus serius diperhatikan. salah satunya dengan melakukan terobosan dengan meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia. ”Jangan sampai tenaga kerja kita hanya menjadi penonton di negaranya sendiri,” ucapnya.

Politisi PAN itu menyebutkan, ada beberapa kementerian/lembaga yang bertanggung jawab pada masalah tersebut. seperti Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Perindustrian, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dan kementerian/ lembaga lainnya.

”Perlu satu langkah koordinasi seluruh kementerian dan lembaga terkait agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar dan tenaga kerja kita mampu bersaing di MEA,” katanya. (nas/iil/JPG)

loading...
Click to comment
To Top