Mantap… Jalur KA dari Solok Nyambung ke Pekanbaru – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Mantap… Jalur KA dari Solok Nyambung ke Pekanbaru

FAJAR.CO.ID, PADANG  – Proyek pembangunan jalur kereta api Muarokalaban Kota Sawahlunto hingga Muaro Kabupaten Sijunjung bakal dimulai. Tahun ini dikucurkan dana Rp 75 miliar untuk pengerjaan 13 kilometer. Nantinya, di tahun 2018 jalur ini akan terkoneksi hingga ke Logas (Kuansing) dan Pekanbaru.

Kasi Lalu Lintas dan Keselamatan Balai Perkeretaapian Wilayah Sumbar Amanna Gappa menjelaskan, proyek tersebut termasuk Trans Sumatera yang bakal terkoneksi pada tahun 2019. Pekerjaan jalur Muaroklaban-Sijunjung ini sedang menunggu rekomendasi amdal. Secara paralel, proyek ini telah dilelang.

Nantinya jalur kereta api ini bakal naik kelas menjadi kelas I yang sebelumnya kelas IV. Untuk Trans Sumatera ini disebutkannya bakal dimulai dari Solok. Saat ini, sudah ada anggarannya hingga Sijunjung.

Total jalur dari Kota Solok hingga Sijunjung baru mencapai 26 kilometer. Sedangkan total jalur dari Solok hingga ke Logas, perbatasan Dumai dan Pekanbaru ini diperkirakan mencapai 150 kilometer. Jadi tersisa sekitar 124 kilometer yang mesti selesai hingga tahun 2018 mendatang.

Dia menyebutkan pekerjaan ini merupakan skala prioritas. Jalur yang telah digunakan oleh warga untuk pemukiman atau lainnya bakal ditertibkan. Nantinya, jika jalur ini selesai, maka akan membantu mengurangi beban jalan.

“Pasalnya kereta api bukan saja untuk membawa penumpang (orang). Namun juga untuk mengangkut barang,” katanya.

Setelah jalur ini, prioritas kedua yakni jalur Kota Solok, Singkarak, Padangpanjang, Bukittinggi hingga Payakumbuh.  Jalur ini juga akan terkoneksi dengan jalur Padang, Duku, Padangpanjang. Ini menurut Gappa merupakan untuk angkutan antar kota.

Target prioritas kedua ini selesai pada tahun 2017. “Agustus ini untuk jalur Duku BIM presiden bakal meninjau kesiapan,” katanya. (eko/sam/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top