Sering Mengantuk, Mungkin Gejala Penyakit Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Sering Mengantuk, Mungkin Gejala Penyakit Ini


Mengantuk biasanya menjadi salah satu reaksi tubuh apabila terlalu lelah. Mengantuk  di malam hari sangat wajar karena tubuh memiliki respon khusus yang membuat kita bisa merasa lebih nyenyak saat tidur di malam hari. Tapi, apabila terlalu sering mengantuk di luar waktu yang normal, maka itu bisa saja menjadi salah satu pertanda yang kurang baik bagi tubuh.

Berikut ini adalah jenis penyakit yang sering ditandai dengan rasa mengantuk yang terjadi pada waktu-waktu yang tidak normal.

1. Diabetes

Biasanya sering mengantuk sering terjadi pada penderita diabetesterutama setelah waktu makan. Hal ini menandakan kadar gula dalam tubuh sedang tinggi, karena tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang digunakan untuk memecah gula menjadi sumber tenaga. Jadi ketika penderita diabetes sering mengantuk, maka sebaiknya segera memeriksa kadar gula dalam darah.

2. Anemia

Pada penderita anemia perasaan ledah dan sangatmengantuk bisa jadi pertanda bahwa tubuh kekurangan makanan yang mengandung zat besi dan juga kurangnya kandungan oksigen didalam darah. Jika begini, meski tidur nyenyak dan dalam waktu yang cukup lama pada malam harinya penderita anemia bisa merasa sangat mengantuk di pagi hari.

3. Penyakit Jantung

Gejala awal pada penyakit jantung biasanya adalah gangguan tidur pada malam hari, seperti tidur tidak nyenya, susah bernafas dan kaki yang tidak nyaman. Sehingga pada pagi dan siang hari penderita akan merasakan kantuk yang sangat parah. Ini disebabkan oleh gangguan pada jantung yang mempengaruhi semua organ tubuh terutama organ yang membutuhkan suplai asupan darah yang dipompa dari jantung.

4. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Pada malam hari penderita hipertensi sering merasa sakit pada kepala, bahu dan leher yang kaku pada malam hari. ketidaknyamanan inilah yang membuat penderita tekanan darah tinggi tidak bisa menikmati tidur dengan nyenyak pada saat malam hari, sehingga di pagi hari menjadi sangat mengantuk.

5. Obesitas atau kegemukan

Obesitas atau kegemukan memang berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh dan sistem kerja organ tubuh. Biasanya orang yang memiliki berat badan berlebihan akan sering merasa mengantuk pada siang hari atau sesudah makan.

6. Gangguan tidur

Ada berbagai jenis gangguan tidur yang menyebabkan seseorang bisa mudah mengantuk pada keesokan harinya. Ketika tubuh harusnya bisa tidur dengan nyenyak di malam hari penderita malah mengalami gangguang pernafasan, gelisah, cemas atau mendengkur saat tidur. Beberapa malah tetap tidak bisa tidur meski merasa sangat mengantuk, baik pada malam maupun pagi dan siang hari. [ats]

To Top