Jangan Asal Pasang Ban, Perhatikan Dulu Jenisnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Jangan Asal Pasang Ban, Perhatikan Dulu Jenisnya

Seorang pengemudi harus bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang akan terjadi pada kendaraan yang dikemudikannya. Untuk itu, sebelum berkendara terdapat sejumlah hal yang wajib diperiksa demi keselamatan dijalan, salah satunya penggunaan ban.

Ban merupakan salah satu komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalanan. Di dalam ban terdapat udara yang berfungsi sebagai peredam getaran ataupun kejutan sehingga berkendara menjadi nyaman.

Baik ban mobil maupun motor sekarang ini mempunyai jenis serta spesifikasi yang beragam. Harga ban mobil dan motor juga beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Dalam memilih ban haruslah dipilih dengan tepat serta sesuai kebutuhan agar kinerja kendaraan lebih optimal khusunya pada mobil. Sesuaikanlah ban yang digunakan dengan tipe lintasan yang dilalui sehari-hari.  Memasang ban yang tak sesuai akan menyebabkan kerugian bagi pemilik. Di antaranya usia pakai menjadi lebih pendek serta tidak nyaman dikendarai.

Sebelum mengganti ban mobil lama dengan yang baru, perhatikanlah beberapa tips memilih jenis ban yang tepat serta sesuai dengan mobil Anda. Berikut ini berapa istilah penamaan ban sesuai peruntukannya yang harus diketahui supaya tidak salah membeli.

Ban tipe A/T (All Terrain)

Ban tipe ini di rancang untuk penggunaan di tanah, kerikil, serta jalan berair. Ban tipe ini tidak dianjurkan untuk penggunaan di medan berat, seperti off. Untuk penggunaan di medan aspal, ban tipe A/T masih terbilang cukup nyaman, sebab ban ini tidak menimbulkan suara sekeras seperti tipe M/T.

Ban tipe M/T (Mud Terrain)

Ban tipe ini dirancang khusus untuk off road, bisa melibas medan berat seperti berlumpur, berpasir, bebatuan dan melibas genangan air. Ban M/T (Mud Terrain) sebaiknya tidak dipakai untuk penggunaan di jalan aspal sebab akan terasa tidak nyaman, licin, serta daya cengkam ban kurang baik terlebih di jalan basah.  Hal ini dikarenakan ban ini memiliki corak kembang yang berjauhan sehingga memiliki jarak pengereman yang jauh jika digunakan di jalan aspal.

Ban Tipe H/T (High Terrain)

Ban tipe ini di rancang khusus untuk penggunaan di jalanan aspal, sehingga motif atau corak kembang ban ini lebih halus. Ban H/T (High Terrain) cocok dipakai pada mobil MPV, seperti Innova, Terios, Rush, Avanza, termasuk Pajero. Dalam memilih ban tipe ini mesti memperhatikan beberapa kode, contohnya 195/55 R15 84 V. Angka 195 menunjukkan lebar penampang ban, angka 55 adalah aspek ketebalan profil ban dan lebar telapak ban, dan angka R menunjukkan konstruksi ban radial. Adapula untuk konstruksi ban bias dengan kode strip (-) yang umumnya  untuk kendaraan jenis angkutan umum. Untuk angka 84 menunjukkan indeks beban, sedangkan huruf V menunjukkan kecepatan ban tersebut hingga 240 km per jam.

loading...
Click to comment
To Top