KASIHAN! Tiga Orang Utan Tewas Terpanggang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

KASIHAN! Tiga Orang Utan Tewas Terpanggang

FAJAR.CO.ID, BONTANG – Kebakaran lahan yang terjadi di Jalan Arif Rahman Hakim, Gang Makmur, RT 41 Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, diduga disengaja. Kejadian itu mengakibatkan 3 orang utan tewas terpanggang, Minggu (21/2).

Seperti dilansir Bontang Post (Jawa Pos Group), Polres Bontang dibackup Polda Kaltim masih melakukan penyelidikan. “Kasusnya masih diselidiki oleh rekan-rekan di Polda Kaltim,” kata Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Suharsono kepada wartawan.

Hingga kini, penyidik belum menetapkan satu orang pun sebagai tersangka dalam peristiwa itu. “Sudah sekitar sebelas orang saksi telah kami periksa, dan masih didalami kasus itu. Untuk tersangka belum ada,” jelasnya.

Balai Taman Nasional Kutai (TNK), sebelumnya, menduga kebakaran itu akibat kesengajaan. Sebab, seperti manusia, orang utan pun akan segera melarikan diri jika ada bahaya kebakaran.

Menurut Lita, Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai TNK Bontang, setelah dicek ternyata orang utan yang tewas itu terdiri dari satu dewasa dan dua anak. Orang utan dewasa berumur belasan tahun, satu orang utan berumur 6-7 tahun, dan satu orang utan diduga masih bayi.

“Semuanya berjenis kelamin betina,” jelasnya.

Ke depan, Balai TNK akan menyelidiki siapa dalang pembakaran tersebut. sebab, jika hutan ini lahan orang pasti tidak mungkin dibakar sesuai persetujuan pemilik. “Kemungkinan sesuai prosedur hukum tindakan selanjutnya, karena termasuk kasus pidana hukum,” kata dia. (mga/gun/yuz)

Click to comment
To Top