Gara-gara Ina Si Nononk, Mendagri Diminta Bertindak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Gara-gara Ina Si Nononk, Mendagri Diminta Bertindak

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Psikolog anak, Seto Mulyadi meminta agar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ikut andil dalam gerakan setop kekerasan pada anak serta melindungi anak dari segala macam ancaman termasuk pornografi. Hal itu terkait beredarnya foto akun Ina Si Nononk di Facebook dengan pacarnya, yang tidak menggunakan pakaian.

Salah satu caranya yakni dengan menginstruksikan Wali Kota, Bupati untuk ikut turun tangan membuat satuan tugas (Satgas) perlindungan anak (PA) di tingkat RT, RW. Sebab selama ini, pria yang akrab disapa Kak Seto ini melihat pengawasan kepada anak kerap mandek tidak berjalan sampai ke tingkat bawah.

“Menteri pendidikan sudah menginstruksikan pembentukan Satgas PA di tingkat sekolah dan guru-guru. Tinggal Mendagri agar Wali Kota juga turun tangan menginstruksikan ke bawahannya, ke tingkat RT, RW untuk bentuk Satgas PA,” ujar Kak Seto saat dihubungi JPNN.com, Kamis (3/3).

Menurut Kak Seto, masyarakat justru senang bila dilibatkan dalam memberikan pengawasan kepada anak-anak di sekitar mereka. Tugas Satgas PA tersebut sangat mudah, jika melihat ada yang melakukan kekerasan pada anak, mereka bisa langsung menegurnya.

“Kalau sudah ditegur tapi diulang lagi, bisa diperingatkan bahwa melakukan kekerasan pada anak bisa masuk penjara minimal lima tahun. Kalau sudah parah segera dilaporkan kepada polisi. Masyarakat justru senang kalau ikut dilibatkan,” tandas Kak Seto. (chi/jpnn)

To Top