Jangan Panik! Lakukan Ini Jika Telinga Kemasukan Serangga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Jangan Panik! Lakukan Ini Jika Telinga Kemasukan Serangga


Telinga merupakan salah satu dari panca indera manusia yang sangat penting. Telinga sangat sensifit jika kemasukan benda asing yang akan menganggu dan membuat kita merasa sangat tidak nyaman.

Lubang telinga yang diciptakan Tuhan tanpa penutup memungkinkan bagi benda asing mau pun serangga untuk masuk ke dalamnya. Jika serangga hidup yang masuk kedalam telinga akan membuat sangat tidak nyaman karena sangat terasa pergerakan serangga tersebut di dalam telinga. Baik serangga maupun benda mati yang tidak sengaja masuk kedalam telinga pasti membuat salah satu indera terpenting manusia ini tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Mungkin pembaca pernah mendengar, melihat atau mungkin mengalami sendiri kejadian di atas. Salah satu langkah awal untuk mengatasi telinga yang kemasukan serangga baik hidup ataupun mati adalah tidak panik. Setelah itu, lakukanlah 6 cara ini.

  1. Usahakan untuk tetap tenang walau telinga sudah sangat tidak sakit atau terdengar serangga itu sedang beraktifitas di dalam telinga.
  2. Minta bantuan orang lain untuk melihat kedalam telinga dengan bantuan senter. Untuk beberapa serangga, mereka mungkin akan keluar dan mengikuti arah cahaya tersebut.
  3. Masukkan baby oil atau minyak telon ke dalam telinga. Miringkan kepala anda agar cairannya bisa masuk lebih ke dalam telinga sehingga serangga tersebut mati.
  4. Setelah beberapa saat miringkan lagi kepala kearah lainnya, agar serangga yang sudah mati tersebut bisa keluar bersamaan dengan keluarnya minyak telon atau baby oil yang tadi di masukkan ke dalam telinga.
  5. Jangan pernah menggunakan air untuk mengeluarkan serangga itu. Air malah akan membuat serangga merasa terdesak dan sangat mungkin untuk menggigit bagian dalam telinga.
  6. Jika cara-cara di atas masih belum bisa mengeluarkan serangga tersebut. Segeralah ke rumah sakit, untuk mendapat bantuan medis. Karena kemungkinan serangga itu sudah masuk terlalu dalam sehingga sulit untuk keluar sendiri.

Semoga cara-cara ini dapat membantu pembaca. [ats]

loading...
Click to comment
To Top