Empat Alternatif Nikmati Weekend Dengan Si Kecil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Empat Alternatif Nikmati Weekend Dengan Si Kecil


Weekend adalah waktu terbaik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Mengenalkan si kecil pada dunia luar ituh penting untuk pertumbuhannya. Alam terbuka bebas untukmu dan si anak untuk bermain-main. Ini akan menjadi weekend yang menyenangkan antara orangtua dan anak. Tidak hanya sekadar menghabiskan waktu luang dengan menonton televisi atau jalan-jalan di pusat perbelanjaan.

Jadi kemana sebaiknya berakhir pekan bersama anak-anak? Orangtua bisa mengajak anak-anak untuk berakhir pekan ke-4 tempat berikut dan ciptakan pengalaman berkesan selama libur weekend :

1. Bermain air atau berenang

Anak-anak umumnya sangat suka bermain air. Jangan larang si kecil untuk bermain air jika mereka sangat menyukainya. Saat weekend tiba, siapkan baju renang dan perlengkapan lainnya lalu menuju kolam renang favorit anak. Jika ingin mengajak anak untuk bermain air sekalian berwisata alam. Ajak keluarga untuk berenang dengan jelajah wisata air. Pilih kolam renang yang memfasilitasi arena bermain anak atau pilih sungai yang memiliki grade kecil. Menaiki perahu dan menjelajah sungai adalah petualangan kecil yang harus mereka coba sejak dini. Tujuannya adalah menghabiskan waktu bersama dan bersenang-senang. Tak perlu membawa mereka ke tempat-tempat yang membahayakan, karena tujuannya adalah bersantai.

2. Berkemah atau Camping

Mengajak anak untuk berkemah bersama bukanlah hal yang tidak mungkin. Malah mungkin si kecil juga pernah bermain membuat tenda dengan menggunakan meja dan kain yang ada di rumah. Berkemah menjadi impian hampir setiap anak. Ini seperti cerita dongeng bagi mereka. Mendirikan tenda di belakang rumah atau di perbukitan, tidur berhimpit dengan selimut hangat. Menjelang senja, nyalakan api unggun lalu membuat jagung bakar dan bernyanyi memainkan musik bersama si kecil. Ini akan menjadi pengalaman pertama untuk si kecil sebelum memulai petualangan tahap selanjutnya. Tak hanya sekadar acara berpindah tidur, namun berkemah memberikan contoh yang baik pada mereka. Mengajarkan untuk bisa lebih kompak dan bekerja sama. Tidak perlu jauh-jauh, camping di halaman belakang juga seru.

3. Berkebun

Mengajari anak-anak untuk berterima kasih dan menjaga alam, juga perlu untuk perkembangan psikologis anak. Karena alam adalah tempat bergantungnya manusia. Sebagai pemula, ajari mereka untuk belajar bercocok tanam dan merawatnya. Tak perlu pergi hingga ke perbukitan untuk mencoba bercocok tanam ataupun jauh-jauh mengunjungi desa. Cukup di pekarangan rumah, tak perlu luas. Tak ada lahan, pun masih bisa menggunakan media hidroponik. Bercocok tanam adalah cara mudah untuk mengajari anak-anak yang sedang masa tumbuh kembang. Jangan marahi anak-anak ketika mendapati baju kotor, itu baik untuk proses belajarnya.

 

4. Mendaki gunung

Anak-anak suka menggambar gunung? Menggambar dua gunung dengan matahari dan burung-burung camar hitam? Bayangkan betapa takjubnya si anak bila betapa indahnya gunung tak hanya dari gambar saja.Siapkan perlengkapan lengkap untuknya: jaket, sepatu, topi, masker, dan lain-lain. Buat si kecil aman dan nyaman dalam keadaan dingin. Pastikan tempat yang di datangi menyediakan tempat istirahat yang nyaman bagi anak. Selain pengalaman yang di dapatnya, istirahat juga salah satu factor penting yang mempengaruhi mood si anak.

Dari empat pilihan tempat untuk menikmati weekend bareng si kecil, mana yang akan anda coba? Selamat berakhir pecan. [ats]

loading...
Click to comment
To Top