Menteri Gaduh, PDIP Curiga ada Kekuatan Lain – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Menteri Gaduh, PDIP Curiga ada Kekuatan Lain

FAJAR.CO.ID,JAKARTA- Menteri yang kerap bersilap pendapat dengan menteri lainnya di ruang publik berasal dari kalangan profesional. PDI Perjuangan mencurigai ada kekuatan di balik kelompok tersebut.

Kecurigaan tersebut disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan, Andreas Pereira, dalam diskusi bertema “Para Menteri Bertikai, Apa Langkah Presiden Jokowi?”‎ di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (5/3).

“Kalau politisi jelas, dia akan kembali kepada partai dan bos yang kelihatan. Tapi jangan sampai ada bos-bos yang tidak kelihatan di balik para profesional ini. Kalau ini terjadi malah dia tidak profesional,” ujar Andreas.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fisipol Universitas Gajah Mada (UGM) Erwan Agus Purwanto berharap para menteri jangan berdebat di depan publik.

“Kalau di dalam sidang kabinet, para profesional ini tidak masalah menyampaikan pendapatnya tapi begitu di depan publik, saya kira profesionalitsnya ini yang harus ditunjukkan,” tandasnya.

Suara para menteri belakangan ini memang tidak seirama bahkan saling berbantah. Misalnya, Menko Maritim Rizal Ramli dengan Menteri ESDM Sudirman Said terkait Freeport dan Blok Masela, Menteri Pertanian Amran Sulaiman dengan Menteri Perdagangan Tom Lembong soal impor sapi, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dengan Menteri BUMN Rini Soemarno terkait kereta cepat, bahkan saling sindir antara Menteri Desa Marwan Jafar dan Seskab Pramono Anung dengan pelayanan Garuda Indonesia.

Soal gaduh ini, Direktur Eksekutif Indobarometer, M. Qodari, sebelumnya menilai ada yang positif dan ada yang negatif. Menurutnya, gaduh yang tidak perlu seperti ditunjukkan Pramono Anung, yang menyindir Marwan Jafar. Padahal Marwan sudah dihukum ‘publik’.

Sedangkan kegaduhan terkait Blok Masela sangat perlu. Karena kaitannya dengan anggaran negara yang besar dan unsur kemanfaatan publik. “Menurut saya ini bagus sekali,” tandasnya. [zul/Rakyatsulsel]

To Top