Tali Foundation Gagas Model Pendidikan Islam Ideal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Tali Foundation Gagas Model Pendidikan Islam Ideal

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Pendidikan adalah faktor utama maju tidaknya suatu bangsa. Butuh sistem ideal untuk menciptakan pendidikan berkualitas.

Untuk itu, Yayasan Tali Foundation mencoba merumuskan model pendidikan Islam ideal dengan menggelar diskusi pakar dengan tema “Mewujudkan Sistem Pendidikan Islam yang Universal”.

Diskusi ini menghadirkan Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama Prof. Kamaruddin Amin. Dalam pemaparannya, Kamaruddin menjelaskan, Indonesia memiliki infrastruktur sosial yang kokoh dengan keberadaan ormas dan institusi Islam.

Menurutnya, Indonesia adalah negara dengan diversity terbesar di dunia. Ini artinya potensi konfliknya juga besar. namun hal itu bisa dicegah oleh keberadaan lembaga-lembaga sosial keagamaan.

“Tidak ada negara yang maju hanya karena iptek. Negara maju karena ditopang oleh pendidika dan perilaku komunal atau kultur,” jelas Kamaruddin, di aula Sekolah Insan Cendekia Madani (ICM), Sabtu (5/3).

Di negara maju, lanjut pria asal Makassar ini, pendidikan dasar mengutamakan penanaman ahlak.

Karenaitu, untuk menjadi guru, harus kader dan anak-anak terbaik bangsa.

“Menjadi guru jangan karena terpaksa. Karena guru adalah garda terdepan pendidikan,” tegasnya.

Selain kualitas SDM guru yang harus di benahi, menurut Kamaruddin, guru masih banyak mengerjakan persoalan administrasi yang jauh dari subtansi pendidikan. Baru beberapa tahun terakhir pendidikan Islam di Indonesia mendapat porsi perhatian yang lebih baik dari negara.

“Pendidikan jangan hanya ilmu pengetahuan, tapi juga menanamkan pembangunan ahlak dan moral,” ungkapnya.

Kontribusi pendidikan Islam bagi pendidikan nasional 23-25%, tapi anggaran untuk pendidikan Islam kurang dari 11%.

“Masalah ini sering saya sampaikan di DPR, agar proporsi anggaran untuk pendidikan Islam lebih dirasionalkan, agar kualitas pendidikan kita lebih baik lagi,” pungkasnya.

Direktur Eksekutif Tali Foundation, Jusman Dalle mengatakan, diskusi pakar ini adalah agenda rutin Yayasan yang didirikan tokoh nasional yang juga Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Tamsil Linrung.

“Setiap pekan kami selalu menghadirkan tokoh-tokoh berkompeten di berbagai bidang ilmu pengetahuan. Diharapkan melalui forum ini, kita bisa melahirkan ide dan gagasan perubahan untuk ummat dan bangsa,” kata jusman usai diskusi.

Kali ini Tali Foundation menghadirkan pakar pendidikan Islam dari Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama Prof. Kamaruddin Amin.

“Kami ingin mengkaji problematika pendidikan Islam, agar bisa menyusun format pendidikan Islam yang ideal,” tutup jusman. (FO)

loading...
Click to comment
To Top