Gerhana Matahari Total, Burung Akan Kembali ke Sarangnya, Mereka Sangka Malam Telah Datang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Samudera Ilmu

Gerhana Matahari Total, Burung Akan Kembali ke Sarangnya, Mereka Sangka Malam Telah Datang

GERHANA Matahari Total yang telah diprediksi jatuh pada tanggal 09 Maret Rabu Mendatang, akan memunculkan banyak tingkah aneh pada hewan. Baik hewan yang memiliki aktivitas malam, maupun aktivitas di siang hari.

Begitu juga hewan lainnya. Suara Jangkrik akan terdengar, kelelawar akan keluar mencari makan. Dan burung lainnya akan kembali ke sarang, mereka pikir hari telah malam.

Banyak yang akan menimpa hewan, ada juga merasa panik, seperti Kuda Nil yang akan bersembunyi di dalam air, seakan hendak memastikan apa yang sedang terjadi terhadap bumi.

Hal ini sebagaimana diakui oleh banyak pakar Astronom, bahwa akan ada keunikan yang terjadi pada hewan ketika gerhana terjadi. Sebab bumi menjadi gelap seakan malam telah tiba, dan siang berlalu.

Usai gerhana hewan-hewan yang terkecoh dengan fenomena alam itu akan kembali seperti semula, sebab hari mulai berputar normal. Gerhana matahari adalah tanda-tanda kebesaran Allah swt di muka bumi.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah Yang menciptakannya, Jika Ialah yang kamu hendak sembah.” (QS. Al Fushilat 41:37).

Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya matahari dan bulan tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena mati atau hidupnya seseorang, akan tetapi keduanya adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah, yang Dia perlihatkan kepada hamba-hambaNya. Jika kalian melihat gerhana keduanya, maka segeralah mendirikan shalat.”  (Shahih Bukhari No. 998).

 

Click to comment
To Top