Hadirkan Cakra Khan, Kemenpar Goyang MATTA 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Budaya & Pariwisata

Hadirkan Cakra Khan, Kemenpar Goyang MATTA 2016

JAKARTA – Tahu saja Kemenpar akan artis idola orang Malaysia! Sampai-sampai untuk kepentingan menggaet wisman asal Negeri Jiran itu, anak buah Menpar Arief Yahya menghadirkan Cakra Khan di MATTA Fair 2016, di Kuala Lumpur. Sudah hampir pasti, 11-13 Maret 2016 nanti fans artis ganteng bersuara serak-serak basah itu bakal menghebohkan publik di Malaysia.

Di pameran pariwisata terbesar di Malaysia itu, Kemenpar bakal memboyong 50 industri pariwisata, sekaligus melibatkan 20 agen lokal di Negeri Melayu itu. “Kami sudah menyiapkan satu kejutan di MATTA Fair 2016. Feeling saya, ini akan heboh. Publik di Kuala Lumpur sudah mengenal lagu-lagu Cakra Khan. Dia akan menjadi endorser dan mempromosikan brand Wonderful Indonesia,” terang I Gde Pitana, Deputi Pemasaran
Mancanegara Kementerian Pariwisata, yang didampingi Rizky Handayani, Asdep Pemasaran ASEAN, Senin (7/3).

Tidak salah jika I Gde Pitana pede dan sangat optimistis. Tim pemasaran ASEAN sudah melakukan jejak pandapat, siapa nama-nama artis Indonesia yang ngetop di sana. Cakra Khan adalah salah satu yang punya fans setia di Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.  Tembang-tembang yang dinyanyikannya selalu hits di ASEAN. Enam penghargaan yang diperoleh dari Malaysia adalah salah satu bukti konkret.

Sepanjang kariernya, artis kelahiran Pangandaran, 27 Februari 1992 itu sukses menyambar Anugerah Planet Muzik dari negeri jiran Malaysia. Hal yang sangat prestisius, mengingat itu adalah apresiasi musik empat negara, Indonesia, Singapore, Malaysia, dan Brunei Darussalam.
Gelar lain yang tak kalah glamornya adalah Artist Of The Month. Gelar itu khusus diberikan salah satu radio terbesar Malaysia untuk Cakra 2014 silam. Belum lagi penghargaan dari nominasi Kolaborasi Terbaik dengan Siti Nurhaliza. Cakra Khan akhirnya punya banyak fans setia. “Efeknya pasti dahsyat. Saat pariwisata dan artis terkenal berkolaborasi, promosi destinasinya jadi lebih kuat, lebih tajam dan lebih meyakinkan,” papar Pitana.

Bagi Indonesia, Malaysia masuk ke dalam pasar pariwisata yang seksi. Potential marketnya besar. Angka kunjungan turis Malaysia masuk dalam top 5 turis asing ke Indonesia, dan jumlah ini terus bertambah. “Ditambah Cakra Khan, Wonderful Indonesia seperti punya pasukan  elit untuk membantu mewujudkan mimpi Kemenpar menembus 20 juta wisman di tahun 2019. Angka kunjungan wisatawan ke Indonesia harus terus naik supaya bangsa bisa sejahtera,” papar Pitana.

Menpar Arief Yahya menambahkan musik itu universal. Musik yang hebat di ujung dunia, bisa dengan cepat dan mudah dinikmati oleh orang dari belahan lain. Teknologi membuat selera bermusik semakin mudah diakses dari mana saja, kapan saja, dengan berbagai devices. “Kebetulan pemusik Indonesia memiliki selera yang jauh lebih maju. Kalau di Indonesia sukses, maka jika dipromosikan di ASEAN, sangat mungkin juga bisa sukses,” kata Arief Yahya.

Ketika artis itu sudah punya pamor di ASEAN, dia juga bisa menjadi endorser yang efektif. Cakra Khan adalah salah satunya. Menggunakan pendekatan seni budaya dan musik, adalah komunikasi yang mengena di publik Malaysia. “Di situlah, promosi Wonderful Indonesia juga akan ikut terangkat,” papar Menpar Arief Yahya yang dua kali mendapatkan penghargaan Individual Achievers dalam Men’s Obsession 2015-2016 dalam kategori ministers. (*)

loading...
Click to comment
To Top