Ini Lima Tips Membuat Murai Batu Bersuara Monoton Menjadi Gacor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Ini Lima Tips Membuat Murai Batu Bersuara Monoton Menjadi Gacor

APAKAH Burung Murai Batu milik anda bersuara monoton? Hal ini mungkin membuat mood anda menjadi tidak enak. Sebab sejatinya murai batu bisa bersuara dengan kicauan yang bervariatif.

Nah, berikut ini artikel yang sengaja dirangkum dari beberapa sumber dan dishare buat pecinta Murai Batu. Sedikitnya ada lima tips untuk menangani Murai Batu yang bersuara monotn menjadi gacor. Langsung saja tipsnya di bawah ini:

Tips Pertama:

Pagi hari sekitaran jam 8-10 kerodong dibuka. Berikan pakan jangkrik 3 ditambah ulat hongkong 3, setelah itu Murai Batu dijemur kurang lebih satu setengah jam. Kemudian agak diangin-anginkan sebentar, berikan lagi jangkrik 3 ekor ditambah kroto satu sendok teh, terus Murai Batu dikerodong. Setelah itu, perdengarkan Murai Batu dengan isian suara kicauan, baik dengan pemasteran alami (burung asli) atau dengan bantuan Mp3 player.

Tips Kedua:

Sore harinya, kira-kira jam setengah empat, buka kembali kerodong sangkar, angin-anginkan bentar, selanjutnya masukkan Murai Batu ke dalam keramba agar mandi. Selesainya mandi, berikan 3 ekor jangkrik kemudian angin-anginkan lagi sampai Murai Batu benar-benar dalam keadaan kering. Untuk menghindari Murai Batu sakit atau juga ngedrop, jangan dikerodong ketika bulu Murai Batu masih tampak basah.

Tips Ketiga:

Perawatan ketika pra-lomba, di sini Om Dendoony menambahkan porsi jangkrik 5 hari menjelang lomba, tanpa ulat hongkong (UH). Porsinya menjadi pagi 5, sore pun diberikan 5 jangkrik. Menurutnya pemberian jumlah EF jangkrik ini juga bergantung dengan kondisi burung. Apabila dalam takaran tertentu Murai Batu tampak bereaksi ingin bertarung, maka pada porsi seperti itu jangkrik perlu anda berikan.

Tips Keempat:

Perawatan Ketika Hari H lomba, di sini Murai Batunya bisa sampai menelan 10 ekor ulat hongkong atau bahkan sampai 15 ekor, tapi tetap memperhatikan kondisi Murai Batunya, jangan sampai justru malah menjadi over birahi, bisa-bisa Murai Batu tampil tidak memuaskan.

Tips Kelima:

Perawatan Pasca Lomba : Selesai lomba Murai Batu langsung masuk keramba bak mandi, dan berikan 5 ekor jangkrik. Setelahnya, jangan lupa untuk mengangin-anginkan. Jika tampak telah kering bulunya, baru burung dikerodong. Dan Keesokan harinya, porsi pakan diberikan seperti ketika perawatan harian, yaitu 3 jangkrik dan 3 ulat hongkong.

Sumber artikel: klik di sini

loading...
Click to comment
To Top