Dampak Buruk Mandi Malam Bagi Tubuh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Dampak Buruk Mandi Malam Bagi Tubuh

Dampak Buruk Mandi Malam Bagi Tubuh

 

Sering kali kita mendapat teguran dari orang tua atau orang-orang terdekat saat kita mandi di malam hari. Mereka bilang mandi malam-malam tidak baik bagi kesehatan. Kita bisa terkena berbagai macam penyakit seperti reumatik dan lain sebagainya.

1. Mandi malam menyebabkan rematik

Reumatik adalah penyakit autoimun, yaitu penyakit yang terjadi pada peradangan persendian, sehingga seseorang yang terkena penyakit ini akan merasakan nyeri pada sendi yang terkena.

Penyakit ini tergolong tidak berbahaya, akan tetapi jika terdapat gejala reumatik segeralah menghubungi dokter. Dan jika anda adalah penderita reumatik sebaiknya jika terpaksa mandi di malam hari, gunakanlah air yang hangat. Karena air yang dingin dapat memperparah penyakit anda.

2. Mandi malam menyebabkan penuaan dini

Mandi malam bisa mempercepat penuaan dini. Beberapa orang mengatakan bahwa tubuh tidak kuat menerima rangsangan air dingin saat kita mandi malam, hal ini berakibat metabolisme tubuh meningkat. Untuk itu tubuh memerlukan suplai kalori dan oksigen yang tinggi untuk menstabilkannya.

3. Menyebabkan metabolism tubuh terganggu

Ketika mandi malam,harus berhati-hati karena metabolism tubuh dapat terganggu. Karena ketika malam hari suhu tubuh cenderung mulai melemah dan membutuhkan istirahat. Jika kita mandi dan pori-pori terbuka makan air akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan gangguan system metabolism tubuh.

4. Masuk angin

Malam hari adalah waktunya tubuh beristirahat, mandi malam ternyata menyebabkan tubuh masuk angin dan meriang. Terutama jika suhu tubuh anda saat mandi masih tinggi dan panas.

5. Nyeri Otot

Terkait dengan pori pori dan panas tubuh mulai meningkat di malam hari, sebaiknya menghindari untuk mandi malam. Karena pada saat tubuh ‘panas’ kita disiram air dingin di malam hari maka pori pori yang sedang terbuka dapat membuat badan jadi demam. [ats]

loading...
Click to comment
To Top