Jangan Rekam Gerhana Matahari dengan Ponsel ! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Jangan Rekam Gerhana Matahari dengan Ponsel !

 

Gerhana matahari yang akan terjadi besok (9/3/2016) sudah lama dinantikan oleh warga Indonesia. Bagaimana tidak, gerhana yang hanya terjadi 350tahun sekali ini akan terjadi dengan total dan dapat dilihat dengan sempurna di beberapa daerah nusantara. Bahkan sudah banyak yang mempersiapkan peralatan untuk menikmati terjadinya gerhana matahari.

Karena peristiwa ini langka terjadi hampir dipastikan banyak yang akan mengabadikan kejadian ini. Gerhana matahari yang akan terjadi hanya selama beberapa menit. Tentunya hal ini merupakan salah satu kesempatan emas bagi Indonesia untuk mempromosikannya ke kancah dunia.

Sebelumnya sudah ada artikel tentang bahaya melihat gerhana matahari secara langsung tanpa bantuan kacamata matahari atau alat apapun. Hal ini dikarenakan sinar matahari yang sangat kuat dapat  membutakan mata. Sinar matahari sangatlah kuat, sinar matahari juga mengandung sinar UV dan sinar lainnya yang sangat berbahaya bila tertangkap mata secara langsung. Jadi disarankan bila ingin melihat gerhana matahari gunakanlah kacamata matahari agar mata terlindungi.

Tetapi perlu anda ketahui, Jangan sesekali merekam fenomena gerhana matahari menggunakan ponsel anda karena dapat mengakibatkan rusaknya kamera pada ponsel anda. Kenapa hal ini bisa terjadi?.

Pasti anda sudah pernah atau tahu bagaimana saat kaca pembesar anda letakan dibawah teriknya sinar matahari dan anda arahkan sinar dari kaca pembesar tersebut ke plastik, maka plastik tersebut akan terbakar. Hal ini juga sama terjadi pada ponsel anda saat merekam gerhana matahari. Kamera pada ponsel anda seperti kaca pembesar. Jika sinar matahari akan ditangkap oleh kamera ponsel anda dalam jangka waktu yang lama maka sensor pada kamera ponsel anda akan rusak karena intensitas cahaya matahari yang sangat tinggi.

Hal ini tidak berpengaruh pada kamera canggih seperti DSLR atau sejenisnya, karena kamera tersebut merupakan keluaran terbaru, kamera keluaran lawas adalah kamera pada ponsel atau smartphone, dan kerusakan pada kamera ponsel atau smartphone ini bisa permanen. Meskipun menggunakan kamera canggih seperti DSLR dan sejenisnya disarankan untuk tidak terlalu lama merekam gerhana matahari karena akan merusak sensor dan mekanisme bukaan lensa kamera.

Dampak buruk bagi ponsel tidak akan berpengaruh jika hanya digunakan untuk memotret, asal tidak merekam kejadian tersebut. Karena shutter kamera hanya terbuka sebentar sehingga intensitas cahaya yang masuk tidak terlalu lama. [ats]

 

loading...
Click to comment
To Top