Jokowi Serukan Boikot Produk Asal Israel, Begini Tanggapan Fadli Zon – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Jokowi Serukan Boikot Produk Asal Israel, Begini Tanggapan Fadli Zon

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pernyataan Presiden Joko Widodo yang akan memboikot produk-produk asal Israel saat menutup Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa ke-5 Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta diapresisasi oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

“Saya kira pidato itu harus diapresiasi. Kalau memang pemerintah mau memboikot produk-produk Israel saya kira itu langkah yang bagus,” kata Fadli di Gedung Nusantara III, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (8/3).

Rencana boikot ini, lanjut Fadli, merupakan komitmen Indonesia mendukung Palestina Merdeka dan Berdaulat. “Tapi harus dijalankan dengan teliti, produk apa saja? Kalau itu mau dilakukan, saya kira itu bagus-bagus saja sebagai bentuk komitmen untuk Palestina yang merdeka. Kalau itu dilakukan saya termasuk yang mendukung,” tegas politikus Partai Gerindra ini.

Menurut Fadli, salah satu faktor perdamaian di Timur Tengah adalah pengakuan Negara Palestina yang merdeka dan berdaulat oleh Israel. Kalau itu dilakukan Israel, ujarnya, terjadi perdamaian di Timur Tengah khususnya di Palestina.

Dia menjelaskan, Palestina merupakan tempat persemaian agama-agama besar, Islam, Kristen, dan Yahudi. Untuk menjaga hubungan baik antara ketiga agama besar tersebut Negara Palestina harus merdeka.

“Perdamaian dan kemerdekaan Palestina juga merupakan tanggung jawab negara-negara Asia-Afrika,” kata Fadli.

Selain itu, Fadli menyatakan bahwa masyarakat Indonesia telah menyumbang pembangunan rumah sakit di Gaza. “Itu salah satu bentuk konkret bahwa masyarakat Indonesia punya aspirasi dan dukungan pada Palestina,” pungkasnya.(fas/jpnn)

To Top