Selamat Hari Perempuan Internasional, Fakta Dibalik Hari Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Selamat Hari Perempuan Internasional, Fakta Dibalik Hari Ini

 

Untuk seluruh wanita di dunia, selamat hari perempuan internasional. Sosok wanita adalah bagian penting dalam kehidupan, bagaimana seorang anak manusia hadir ke bumi dengan usaha antara hidup dan mati seorang wanita.

Hari perempuan internasional dirayakan setiap tanggal 8 maret ini adalah untuk merayakan keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan juga social. Tentu tanggal 8 Maret bukan ditentukan begitu saja, namun ada peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan hari ini.

Mau tau fakta dibalik hari perempuan internasional hari ini?

Pada tanggal 8 Maret 1957 kaum perempuan buruh pabrik pakaian dan tekstil di Amerika melakukan protes. mereka memprotes kondisi kerja, gaji dan juga diskriminasi dalam pekerjaannya. Buruh-buruh wanita menunjukkan giginya di New York untuk mendapatkan kesetaraan dan kesejahteraan sebagai wanita.

Sudah dirayakan selama 105 tahun. Perayaan bagi seluruh perempuan di dunia ini pertama kali diusung oleh sosialis Jerman, Clara Zaetkin.  Bersama dengan delegasi dari 17 negara pada Maret 1911. Selanjutnya peringatan ini kemudian menyebar ke Austria, Denmark, Jerman, Swiss dan Negara lainnya.

Tuntutan untuk memiliki kesamaan hak adalah alasan terbesarnya. Pada tahun 1918 banyak wanita yang menuntuk untuk diberikan kesetaraan hak dalam pemungutan suara. Sejak gerakan ini muncul semakin banyak wanita yang berada di jajaran pemerintah, bisnis, dan juga politik.

Selamat hari perempuan, semua perempuan di dunia. [ats]

loading...
Click to comment
To Top